Memahami 10 Asas Materi Muatan Peraturan Perundang-Undangan

Annisa Fianni Sisma
22 November 2022, 14:12
Asas Materi Muatan Peraturan Perundang-Undangan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ilustrasi, sejumlah anggota DPR mengikuti rapat paripurna DPR ke-3 masa persidangan I tahun 2022-2023 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Dalam membuat peraturan perundang-undangan, pemerintah harus mengacu pada aturan yang berlaku. Salah satu hal yang ditentukan dalam aturan tersebut adalah asas materi muatan peraturan perundang-undangan. Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Pembentukan peraturan perundang-undangan tercantum pada Undang-undang (UU) Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, yang telah diubah dengan UU Nomor 15 tahun 2019, yang kemudian diubah lagi dengan UU Nomor 13 tahun 2022

Indonesia merupakan negara hukum. Ketentuan tersebut sesuai dengan Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945). Oleh karena itulah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pemerintah harus mengacu pada hukum yang berlaku.

Untuk menelaah lebih dalam, berikut ini adalah ulasan tentang peraturan perundang-undangan dan asas materi muatan peraturan perundang-undangan.

Pengertian Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan perundang-undangan yakni sebuah peraturan tertulis yang memuat norma hukum yang mengikat secara umum. Peraturan perundang-undangan dibentuk atau ditetapkan oleh lembaga negara atau pejabat yang berwenang melalui prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Pejabat yang dimaksud yakni Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Hal ini tercantum pada bagian Mengingat pada UU No. 12/2011 yang selaras dengan ketentuan Pasal 20, Pasal 21, Pasal 22A UUD NRI 1945.

Materi muatan peraturan perundang-undangan adalah materi yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan yang sesuaid engan jenis, fungsi, dan hierarki peraturan perundang-undangan. Ketentuan terkait asas materi muatan peraturan perundang-undangan tercantum pada Pasal 6 ayat (1) UU No. 12/2011.

Asas Materi Muatan Peraturan Perundang-Undangan

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini penjelasan masing-masing asas materi muatan peraturan perundang-undangan yang harus dicerminkan dalam sebuah peraturan perundang-undangan:

1. Asas Pengayoman

Asas pengayoman yang merupakan salah satu asas materi muatan peraturan perundang-undangan menentukan bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus berfungsi memberikan perlindungan untuk menciptakan ketentraman masyarakat.

2. Asas Kemanusiaan

Asas materi muatan peraturan perundang-undangan berikutnya adalah asas kemanusiaan. Asas ini memiliki pengertian yakni setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus mencerminkan perlindungan dan penghormatan hak asasi manusia beserta harkat dan martabat setiap warga negara dan penduduk Indonesia secara proporsional.

3. Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan menjadi salah satu asas materi muatan peraturan perundang-undangan. Arti dari asas kebangsaan yakni bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus mencerminkan sifat dan watak bangsa Indonesia yang majemuk dengan tetap menjaga prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...