Mengenal 10 Asas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Annisa Fianni Sisma
17 November 2022, 21:52
asas penyelenggaraan pemerintahan daerah
Dok. Humas Jawa Barat
Ilustrasi, acara JAPRI (Jabar Punya Informasi) Vol. 103 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (3/10/2022). Pemda Provinsi Jabar bersama Bank Indonesia menggelar event promosi investasi berbalut kegiatan West Java Investment Summit (WJIS) sebagai salah satu upaya terus mendorong pertumbuhan investasi di Jawa Barat.

Asas penyelenggaraan pemerintahan daerah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan sebagai pedoman pelaksanaan pemerintahan daerah. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat pula perwujudan asas otonomi daerah. Berikut penjelasan terkait hubungan keduanya.

Indonesia merupakan negara yang menerapkan otonomi daerah. Hal tersebut tercantum dalam Pasal 22D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945).

Advertisement

Pemerintah daerah ditegaskan dalam Bab VI tentang Pemerintah Daerah, khususnya Pasal 18 ayat (1) hingga (7) UUD 1945. Hal ini menunjukkan, Indonesia menjalankan urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.

Berkaitan dengan pelaksanaannya, terdapat peraturan perundang-undangan yang mengatur. Hal ini selaras dengan pernyataan Pasal 18 ayat (7) UUD NRI 1945 menyampaikan bahwa susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan daerah diatur dalam undang-undang.

Peraturan perundang-undangan yang mengatur hal tersebut yakni Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang kemudian diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (UU Pemerintahan Daerah). Kini, peraturan tersebut pun diubah beberapa pasal oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja).

Dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah, pemerintah telah menerapkan asas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu menarik jika membahas asas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Pemerintah Daerah dan Pemerintahan Daerah

Pengertian pemerintah daerah dan pemerintahan daerah tercantum pada Pasal 1 UU Pemerintahan Daerah. Meskipun memiliki istilah yang hampir sama, tetapi pengertiannya benar-benar berbeda karena berkaitan dengan peran dan urusannya.

Pemerintah daerah adalah kepala daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Pemerintah daerah ini hadir sebagai pemimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah otonom.

Sedangkan yang dimaksud dengan pemerintahan daerah yakni penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Urusan ini dilaksanakan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang dimaksud dalam UUD NRI 1945.

Penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota terdiri atas kepala daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang dibantu oleh perangkat daerah. DPRD menurut UU Pemerintah Daerah adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

Asas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Asas penyelenggaraan pemerintahan daerah tercantum pada Pasal 58 UU Pemerintah Daerah. Pasal tersebut menegaskan bahwa dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah, penyelenggara urusan tersebut harus berpedoman pada asas penyelenggaraan pemerintahan daerah. Berikut 10 (sepuluh) asas tersebut beserta penjelasannya:

1. Asas Kepastian Hukum

Asas penyelenggaraan pemerintahan daerah yang pertama adalah kepastian hukum. Maksud dari kepastian hukum dalam asas ini merupakan asas dalam negara hukum yang mengutamakan landasan ketentuan peraturan perundang-undangan dan keadilan dalam setiap kebijakan penyelenggara negara.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement