5 Langkah Menulis Puisi yang Baik dan Benar

Destiara Anggita Putri
2 Desember 2022, 16:10
Langkah Menulis Puisi
Unsplash
Ilustrasi, seseorang tengah menulis sebuah puisi.

Menulis puisi merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan terhadap suatu hal. Pada umumnya, puisi terdiri dari rangkaian kata yang disusun dalam bentuk, rima, matra, dan irama.Rangkaian kata ini juga memiliki makna-makna yang saling terhubung antara satu dan yang lainnya.

Intinya, puisi merupakan sebuah karya sastra yang ditulis secara singkat, padat, dan penuh makna. Walaupun begitu, banyak orang masih tidak mengetahui langkah menulis puisi yang menarik. Bila Anda juga demikian, berikut ini pembahasan langkah menulis puisi yang bisa Anda praktikkan.

Langkah Menulis Puisi

Ada lima langkah yang perlu dilakukan untuk menulis puisi. Simak pembahasan masing-masing langkah tersebut berikut ini. 

1. Menentukan Tema dan Judul

Langkah pertama adalah menentukan tema yang merupakan acuan untuk membuat puisi yang menarik. Ada berbagai macam tema yang bisa Anda pilih. Namun jika Anda masih pemula, sebaiknya memilih topik yang sesuai dengan minat misalnya percintan.

Setelah memilih tema, Anda juga perlu menentukan judul yang tepat. pastikan judul yang di ip berpacu pada tema. Misalnya, untuk tema percintaan Anda bisa memilih judul “Kenangan Cinta dari Masa Lalu”

2. Menentukan Kata Kunci

Kata kunci menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan puisi.Pastikan Anda memilih kata kunci yang berkaitan dengan tema. 

Setelah itu, Anda bisa megembangkan kata kunci tersebut menjadi sebuah kalimat atau larik puisi. Anda bebas menggunakan kata kuncinya untuk satu larik atau mengembangkannya menjadi satu bait. 

3. Menentukan Diksi

Langah berikutnya adalh mnetukan diksi yang tepat. Hal ini penting dilakukan karena diksi berperan menentukan corak warna dari karya puisi Anda. 

Jika masih bingung melakukannya, Anda bisa mencari referensi dengan memperbanyak bacaan buku puisi. Atau Anda juga bisa membaca buku kamus dan istilah untuk mendapatkan sinonim yang menarik untuk puis Anda

4. Memilih Gaya Bahasa

Anda juga perlu menentukan gaya bahasa yang tepat. Anda bisa menyesuaikan nya  dengan tema dan judul yang telah dipilih sebelumnya .Setelah itu, selaraskan isi dan makna dari puisi Anda. 

Anda juga bisa menggunakan majas untuk membuat puisi terlihat lebih menarik misalnya majas perbandingan atau majas metafora. 

5. Mengembangkan Puisi Seindah Mungkin

Langkah terakhir adalah mengembangkan semua langkah sebelumnya menjadi puisi yang indah. Susunlah kata-kata atau larik-larik yang dibuat sebelumnya menjadi bait-bait. 

Kemudian, kembangkan menjadi satu puisi utuh. Pastikan puisi yang dibuat ringkas, padat, dan bermakna 

Unsur-Unsur Pembentuk Puisi

Dalam menulis puisi, Anda juga memperhatikan dua unsur di dalamnya yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Hal ini bertujuan agar puisi yang dibuat menjadi lebih menarik. Simak pembahasan masing-masing unsur dibawah ini.

1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat di dalam karya sastra (puisi). Terdapat dua unsur dalam unsur intrinsik yaitu unsur batin dan unsur fisik. Simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini.

Unsur Batin

Unsur batin adalah unsur yang membahas struktur non-fisik pada puisi. Terdapat empat unsur dalam unsur batin, antara lain sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...