Mencermati Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik untuk Pemula

Reksadana saham adalah salah satu rekomendasi investasi jangka panjang yang menawarkan keuntungan tinggi. Tak ayal banyak aplikasi reksadana yang bermunculan. Berikut aplikasi reksadana terbaik
Image title
Oleh Tifani
9 Desember 2022, 11:08
Reksadana Terbaik
Google Play Store
Ilustrasi, tampilan aplikasi Bbit, salah satu aplikasi investasi investasi yang populer di Indonesia.

Reksadana merupakan salah satu rekomendasi instrumen investasi yang menawarkan keuntungan cukup tinggi, serta memiliki tingkat keamanan yang bisa diandalkan.

Secara umum, kinerja reksadana pun menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data statistik pasar modal yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah reksadana yang beredar di publik pada 2021 tercatat mencapai 2.198.

Dari jumlah tersebut, nilai aktiva bersih (NAB) tercatat mencapai Rp 578,43 triliun, meningkat tipis 0,85% dibandingkan besaran NAB reksadana pada 2020. Meski meningkat tipis, NAB reksadana ini jauh lebih tinggi dibandingkan posisi pada 2017 silam, di mana dari 1.777 reksadana yang beredar, NAB tercatat sebesar Rp 457,5 triliun.

Peningkatan NAB ini sedikit banyak menunjukkan, bahwa peminat investasi reksadana terus meningkat, sejalan dengan semakin banyaknya kaum milenial yang melek finansial. Tak ayal jika sekarang banyak aplikasi reksadana yang bermunculan.

Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik

Berikut beberapa aplikasi reksadana terbaik yang mudah dipakai oleh para pemula.

1. Bibit

Bibit adalah aplikasi reksadana yang telah terdaftar di OJK. Aplikasi ini diterbitkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama yang cocok digunakan oleh para pemula yang ingin investasi dengan modal kecil.

Aplikasi Bibit memperbolehkan kamu untuk investasi reksadana dengan minimal Rp 10.000. Dana investasi tersebut nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi atau MI yang berpengalaman.

Beberapa jenis reksadana yang disediakan oleh Bibit di antaranya adalah pasar uang, saham, obligasi dan syariah. Bagi yang bingung memilih reksadana di Bibit, maka bisa memanfaatkan fitur AI. Fitur tersebut merupakan Robo Advisor yang dapat memberikan rekomendasi kepada para pengguna Bibit berdasarkan penghasilan, level resiko, dan tujuan investasi.

2. Bareksa

Bareksa juga termasuk bagian dari aplikasi reksadana terbaik karena di dalamnya dilengkapi dengan fitur Robo Advisor. Selain reksadana, Bareksa juga menyediakan jenis investasi obligasi. Melalui aplikasi investasi Bareksa, investor bisa melakukan simulasi pergerakan dana, serta dapat memperkirakan untung rugi yang akan didapatkan.

3. Ajaib

Ajaib adalah aplikasi yang juga menyediakan investasi reksadana. Aplikasi ini dinaungi oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Ajaib dianggap user friendly karena tampilan interfacenya yang mudah dipahami.

4. Tanamduit

Tanamduit adalah aplikasi reksadana yang menargetkan kaum muda yang ingin memulai investasi. Tidak hanya reksadana, Tanamduit juga melayani transaksi investasi surat berharga negara (SBN), asuransi, sampai emas batangan.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memantau portofolio investasi melalui fitur bernama ‘One View Portfolio’. Di fitur tersebut, pengguna juga bisa melakukan perbandingan 3 produk reksadana sekaligus untuk melihat performanya sebelum membeli.

5. Stockbit

Selanjutnya ada Stockbit yang digadang-gadang sebagai salah satu platform investasi saham terbaik dan cocok dipilih oleh investor pemula. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh dan dipasang pada smartphone secara gratis.

Keunggulan platform ini adalah adanya fitur "Komunitas Online", yaitu wadah bagi para investor untuk saling berdiskusi dan berbagi ilmu seputar dunia saham. Melalui fitur tersebut, tidak jarang ada investor profesional yang memberikan rekomendasi saham sekaligus analisis fundamental dan teknikal yang dapat menjadi acuan bagi investor pemula.

Tidak hanya itu, pada aplikasi tersebut juga kamu dapat memantau pergerakan bursa saham secara real time. Dengan begitu, keputusan transaksi investasi bisa lebih optimal dilakukan agar mampu memberikan peluang keuntungan maksimal.

6. OVO Invest

Sebagian dari anda mungkin mengenal OVO sebagai salah satu layanan dompet digital dan metode pembayaran online saja. Padahal, saat ini aplikasi tersebut juga mulai mengembangkan layanannya ke sektor investasi digital melalui layanan bernama OVO Invest.

Melalui layanan tersebut, kamu bisa dengan mudah berinvestasi dengan modal receh, yaitu mulai dari Rp 10.000. Cara pembayarannya juga dapat menggunakan layanan OVO Cash, sehingga praktis digunakan untuk menanam modal.

7. Pluang

Bagi yang ingin langsung mencoba terjun ke dunia investasi saham dari bursa Amerika Serikat, anda bisa mencoba aplikasi bernama Pluang. Aplikasi investasi digital ini adalah platform pertama yang menyediakan akses investasi ke bursa saham AS di Indonesia.

Pluang menghadirkan pula micro e-mini S&P 500, yang merupakan indeks futures yang diperjualbelikan pada bursa di Chicago Mercantile Exchange.

Daftar Reksadana Berkinerja Baik

Dikutip dari laman bareksa.com, Reksadana saham (RDS) adalah reksadana yang mengalokasikan minimal 80% dana kelolaannya pada produk saham. Manajer investasi mengelola produk reksadana dengan cara membeli dan menjual saham.

Keuntungan dan kerugian didapat dari kenaikan maupun penurunan harga saham. Produk ini cocok untuk tujuan investasi jangka panjang, yakni lebih dari 5 tahun, karena dalam jangka pendek nilainya sangat volatile. Berikut rekomendasi reksadana berkinerja baik menurut bareksa.com.

1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Posisi pertama reksadana saham terbaik ditempati oleh produk RDS syariah dari Sucor Asset Management, yaitu Sucorinvest Sharia Equity Fund. Dalam lima tahun terakhir, produk ini mencatatkan pertumbuhan nilai sebesar 70,32%.

Total dana kelolaan dari produk Sucorinvest Sharia Equity Fund adalah Rp 645,49 Miliar. Anda dapat membeli produk RDS ini mulai dari nominal Rp 100.000.

2. Sucorinvest Maxi Fund

RDS terbaik kedua adalah Sucorinvest Maxi Fund. Dalam lima tahun terakhir, produk ini mampu bertumbuh senilai 65,69%. Total dana kelolaan produk ini adalah Rp230,87 Miliar. Anda dapat membeli produk ini mulai dari Rp 100.000.

3. Sucorinvest Equity Fund

Produk dari Sucor AM masih mendominasi tiga besar reksadana saham terbaik di tanamduit, yaitu Sucorinvest Equity Fund. Berdasarkan NAB tanggal 3 Agustus 2022, performa produk ini mencapai 51,95% dalam lima tahun terakhir.

Total dana kelolaan produk ini mengungguli dua produk RDS Sucor AM lainnya, dengan total mencapai Rp 2,5 Triliun. Investor dapat membeli produk ini mulai dari Rp 100.000.

4. Manulife Saham Andalan

Produk RDS dari Manulife Aset Manajemen Indonesia menempati posisi keempat. Dalam lima tahun terakhir, produk ini mencatatkan pertumbuhan nilai sebesar 36,82%. Total dana kelolaan dari Manulife Saham Andalan paling tinggi di antara Top 5 RDS, karena mencapai Rp 4,27 Triliun. Produk ini dapat anda beli mulai dari Rp 100.000.

5. Trim Syariah Saham

Produk Trim Syariah Saham menempati posisi kelima RDS terbaik di tanamduit. Dalam lima tahun terakhir, produk ini nilainya tumbuh sebesar 14,59%. Total dana kelolaan produk ini mencapai Rp144,83 Triliun. Produk RDS dari Trimegah ini dapat anda beli mulai dari nominal paling terjangkau, hanya Rp 10.000.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait