Mencermati Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik untuk Pemula

Tifani
Oleh Tifani
9 Desember 2022, 11:08
Reksadana Terbaik
Google Play Store
Ilustrasi, tampilan aplikasi Bbit, salah satu aplikasi investasi investasi yang populer di Indonesia.

Reksadana merupakan salah satu rekomendasi instrumen investasi yang menawarkan keuntungan cukup tinggi, serta memiliki tingkat keamanan yang bisa diandalkan.

Secara umum, kinerja reksadana pun menunjukkan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data statistik pasar modal yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah reksadana yang beredar di publik pada 2021 tercatat mencapai 2.198.

Dari jumlah tersebut, nilai aktiva bersih (NAB) tercatat mencapai Rp 578,43 triliun, meningkat tipis 0,85% dibandingkan besaran NAB reksadana pada 2020. Meski meningkat tipis, NAB reksadana ini jauh lebih tinggi dibandingkan posisi pada 2017 silam, di mana dari 1.777 reksadana yang beredar, NAB tercatat sebesar Rp 457,5 triliun.

Peningkatan NAB ini sedikit banyak menunjukkan, bahwa peminat investasi reksadana terus meningkat, sejalan dengan semakin banyaknya kaum milenial yang melek finansial. Tak ayal jika sekarang banyak aplikasi reksadana yang bermunculan.

Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik

Berikut beberapa aplikasi reksadana terbaik yang mudah dipakai oleh para pemula.

1. Bibit

Bibit adalah aplikasi reksadana yang telah terdaftar di OJK. Aplikasi ini diterbitkan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama yang cocok digunakan oleh para pemula yang ingin investasi dengan modal kecil.

Aplikasi Bibit memperbolehkan kamu untuk investasi reksadana dengan minimal Rp 10.000. Dana investasi tersebut nantinya akan dikelola oleh Manajer Investasi atau MI yang berpengalaman.

Beberapa jenis reksadana yang disediakan oleh Bibit di antaranya adalah pasar uang, saham, obligasi dan syariah. Bagi yang bingung memilih reksadana di Bibit, maka bisa memanfaatkan fitur AI. Fitur tersebut merupakan Robo Advisor yang dapat memberikan rekomendasi kepada para pengguna Bibit berdasarkan penghasilan, level resiko, dan tujuan investasi.

2. Bareksa

Bareksa juga termasuk bagian dari aplikasi reksadana terbaik karena di dalamnya dilengkapi dengan fitur Robo Advisor. Selain reksadana, Bareksa juga menyediakan jenis investasi obligasi. Melalui aplikasi investasi Bareksa, investor bisa melakukan simulasi pergerakan dana, serta dapat memperkirakan untung rugi yang akan didapatkan.

3. Ajaib

Ajaib adalah aplikasi yang juga menyediakan investasi reksadana. Aplikasi ini dinaungi oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia. Ajaib dianggap user friendly karena tampilan interfacenya yang mudah dipahami.

4. Tanamduit

Tanamduit adalah aplikasi reksadana yang menargetkan kaum muda yang ingin memulai investasi. Tidak hanya reksadana, Tanamduit juga melayani transaksi investasi surat berharga negara (SBN), asuransi, sampai emas batangan.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memantau portofolio investasi melalui fitur bernama ‘One View Portfolio’. Di fitur tersebut, pengguna juga bisa melakukan perbandingan 3 produk reksadana sekaligus untuk melihat performanya sebelum membeli.

5. Stockbit

Selanjutnya ada Stockbit yang digadang-gadang sebagai salah satu platform investasi saham terbaik dan cocok dipilih oleh investor pemula. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh dan dipasang pada smartphone secara gratis.

Keunggulan platform ini adalah adanya fitur "Komunitas Online", yaitu wadah bagi para investor untuk saling berdiskusi dan berbagi ilmu seputar dunia saham. Melalui fitur tersebut, tidak jarang ada investor profesional yang memberikan rekomendasi saham sekaligus analisis fundamental dan teknikal yang dapat menjadi acuan bagi investor pemula.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...