Shopee Targetkan Lebih dari 1,5 Juta Transaksi di Ramadhan Tahun Ini

Shopee pasang target optimis menyongsong bulan suci Ramadhan, yakni peningkatan transaksi hingga lebih dari 1,5 juta transaksi.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
23 April 2019, 18:35
Shopee, transaksi e-commerce
Shopee
ki-ka: Handhika Jahja (Shopee), Jack Wang (Honor Indonesia), Okki Rushartomo (BNI), Rizkie Maulana Putra (L'Oréal Indonesia), Stevan Valentino (J&T Express), Rezki Yanuar (Shopee) dalam peluncuran Shopee 11.11 Big Sale di Jakarta, Rabu (25/10).

Shopee memasang target lebih dari 1,5 juta transaksi Ramadhan tahun ini. Dalam menyambut bulan Ramadhan kali ini, perusahaan e-commerce tersebut memberikan berbagai penawaran belanja di platformnya untuk peroleh transaksi yang lebih besar.

Country Brand Manager Shopee Indonesia Rezki Yanuar mengatakan, data transaksi Shoppe menunjukkan transaksi selama Ramadhan tahun lalu mencapai 1,5 juta transaksi. Sementara, data transaksi terbesar perusahaannya, yakni pada momen Festival Belanja 12.12 yang mencapai 5,4 juta transaksi dalam satu hari.

Rezki mengatakan, untuk saat ini perusahaannya menargetkan transaksinya dapat di atas 1,5 juta transaksi pada Ramadhan tahun ini. “Belum tahu apakah kami bisa sampai 5,4 juta transaksi atau tidak, tapi paling tidak saat ini target kami lebih dari Ramadhan tahun lalu,” ujar Rezki saat ditemui di Menteng, Jakarta, Selasa (23/4).

(Baca: Deretan Perempuan di Jajaran Pimpinan Startup Indonesia)

Menurutnya, perbedaan perolehan transaksi kedua momen tersebut dikarenakan jarak waktunya yang berbeda pula. Ia menjelaskan, pada momen Festival Belanja 12.12 pembeli hanya fokus berbelanja dalam satu hari sehingga mereka berbondong-bondong berbelanja di hari tersebut saja. Sementara, saat momen Ramadhan waktunya lebih longgar sehingga transaksinya pun tidak semasif Festival Belanja 12.12.

Meski demikian, Rezki tetap optimis volume transaksi di Ramadhan tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya. Sebab, perusahaannya memiliki berbagai penawaran belanja menarik di platfromnya. "Ramadhan itu bulan yang sangat penting buat e-commerce, karena biasanya masyarakat punya antusiasme yang lebih untuk berbelanja, khusunya dengan adanya THR (Tunjangan Hari Raya), "ujar Rezki.

Adapun, penawaran yang terdapat di Shopee, yakni mulai dari diskon hingga 90% bersama puluhan merek (brand) ternama, program Goyang Shopee, program Serba 10 Ribu dengan kesempatan hadiah berupa paket Umrah, mobil, motor, dan sebagainya, serta program Gratis Ongkir. Penawaran tersebut berlangsung pada 22 April hingga 31 Mei 2019 mendatang.

(Baca: Pesta Diskon Pemilu, Peretail Raup Kenaikan Omzet hingga 10 Kali Lipat)

Rezky menjelaskan, pada Ramadhan tahun lalu terdapat tiga kategori terfavorit di platformnya. Di antaranya adalah busana muslim, kecantikan, dan elektronik. Hanya, ia tidak memiliki detail informasi mengenai ketiga kategori tersebut.

Namun menurutnya, ketiga kategori tersebut memiliki jumlah persentase yang hampir mirip, bahkan mengalami kenaikan transaksi hingga tiga kali lipat pada pekan THR turun.

Selain itu, Shopee mencatat pada Ramadhan tahun lalu, konsumen dapat menghemat uang saat berbelanja di platformnya hingga Rp 1,2 triliun. Adapun, Shopee mencatat terdapat total 555 juta kunjungan di aplikasinya pada Ramadhan tahun lalu.

Berdasarkan pencapaian Shopee di Ramadhan tahun lalu, Rezki berharap perusahaannya dapat menghasilkan transaksi yang lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Apalagi, ia mengatakan bahwa kini total pengunggah aplikasinya sudah mencapai 64 juta.

(Baca: Shopee Gandeng UMKM Lokal ke Pasar ASEAN)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait