Anies Bakal Bagikan Masker Gratis untuk Warga Jakarta Cegah Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mendistribusikan masker gratis melalui kelurahan untuk disalurkan lagi lewat RT/RW.
Image title
31 Maret 2020, 20:56
anies baswedan, jakarta, pandemi corona, virus corona, covid-19, masker gratis
ANTARA FOTO/Dewanto Samodro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan membahas penanganan virus corona di Jakarta, Rabu (18/3)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membagikan masker secara gratis kepada warga Ibu Kota guna mencegah penyebaran virus corona. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan distribusi masker akan dilakukan melalui kelurahan, kemudian RW dan RT. 

"Kami ingin semua warga menggunakan masker dan ini akan dibagikan secara cuma-cuma. Nanti akan menggunakan jalur Kelurahan, RT/RW, Ini sedang disiapkan, begitu siap kami akan distribusikan," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balaikota Jakarta, Selasa (31/3).

Penyediaan masker untuk dibagikan secara gratis itu dilakukan melalui kerja sama dengan Perumda Pasar Jaya.  Namun, Anies tak menyebut berapa total masker yang akan dibagikan. 

Penyediaan masker untuk dibagikan secara gratis ini dilakukan melalui kerja sama dengan Perumda Pasar Jaya. Namun, Anies tak menyebut berapa total masker yang akan dibagikan. 

Advertisement

"Kami akan genjot terus bersana Perumda Pasar Jaya sehingga memenuhi kebutuhan masker di Jakarta," kata dia.

(Baca: Apa Dampak Tangani Corona Dengan Darurat Sipil ke Demokrasi Indonesia?)

Pemprov DKI Jakarta saat ini juga telah mengadakan rapid test massal terhadap 17.534 orang di lima wilayah kotamadya, termasuk Kepulauan Seribu. Dari rapid test tersebut sebanyak 282 orang dinyatakan positif terinfeksi dan telah ditindaklanjuti dengan test swab PCR.

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Provinsi DKI Jakarta Catur Laswanto menjelaskan para pasien tersebut telah ditangani oleh tenaga medis sesuai dengan protokol kesehatan. "Orang yang dinyatakan positif akan ditindaklanjuti dengan test swab PCR sehingga dengan demikian hasilnya sesuai dengan yang diatur dalam prokol kesehatan," kata dia.

Dia menjelaskan, hingga saat ini terdapat 741 kasus positif corona di DKI Jakarta. Sebanyak 94 orang meninggal dunia dan 49 orang berhasil sembuh. 

Sementara itu, 451 orang kini dalam perawatan rumah sakit dan 157 orang melakukan isolasi mandiri.  "Untuk tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 sebanyak 81 orang yang tersebar di 30 rumah sakit," kata dia. 

(Baca: BI Jamin Kondisi Perbankan Aman di Tengah Gejolak Pandemi Corona)

Hingga Selasa (31/3) , terdapat 1.528 kasis positif corona. Sebanyak 136 orang meninggal dunia dan 81 orang berhasil sembuh. Grafik penambahan jumlah kasus dapat terlihat dalam databoks di bawah ini.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait