DPR Bakal Bentuk Panja Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Image title
1 Maret 2020, 17:22
virus corona, dpr, panja, penyebaran virus corona
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi. Wabah virus corona hingga kini telah membunuh hampir 3.000 orang dengan kasus infeksi lebih dari 85 ribu di seluruh dunia.

Dewan Perwakilan Rakyat berencana membentuk panitia kerja ketahanan nasional guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi menjelaskan pembentukan panja tersebut ditargetkan dapat rampung dalam satu kali masa sidang.

"Kami ingin memastikan kapasitas kita dalam tingkat kesiagaan situasi yang paling buruk sudah ada. Panja ini kami harapkan tidak terlalu lama terbentuk," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (3/1).

Sejumlah negara maju telah melibatkan militer dalam upaya pencegahan virus corona. Pemerintah pun diharapkan dapat meniru langkah tersebut. Adapun keterlibatan militer sejauh ini telah dilakukan dalam proses evakuasi WNI dari Wuhan Tiongkok di Pulau Natuna. 

"Walaupun belum ada kasus, kami ingin memastikan infrastrukur siap" kata dia.

(Baca: Jokowi Didesak Transparan soal Penanganan Virus Corona )

Pemerintah saat ini belum menemukan kasus infeksi virus corona di dalam negeri. Namun, pemeriksaan di pintu masuk negara, terutama via Bandara telah diperketat. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...