Perang Dagang, Tiongkok dan AS Sepakat Negosiasi Lagi pada Oktober

Agustiyanti
5 September 2019, 12:08
dolar as, yuan, perang dagang, amerika serikat, tiongkok
Dilok Klaisataporn/123RF.com
Ilustrasi perang dagang antara AS dan Tiongkok.

Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk kembali melakukan negosiasi dagang pada Oktober. Perang dagang antara kedua negara sempat memanas lantararan kebijakan kedua negara ekonomi terbesar di dunia ini yang saling berbalas tarif.

Dikutip dari Xinhua, kesepakatan itu dicapai melalui percakapan telepon antara Wakil Perdana Menteri China Liu He dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin.

Menteri Perdagangan Tiongkok Zhong Shan, Gubernur Bank Rakyat China Yi Gang, Wakil Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Ning Jizhe turut serta dalam pembicaraan tersebut.

Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan putaran pembicaraan ke-13 Tiongkok-AS perundingan ekonomi dan perdagangan tingkat pejabat tinggi pada awal Oktober di Washington. Mereka juga sepakat untuk menjaga komunikasi yang erat sebelum perundingan tersebut dimulai.

(Baca: Trump Ingin Balas Lagi Tiongkok dengan Menggandakan Tarif)

Kelompok kerja dari kedua belah pihak akan melakukan konsultasi dengan pada pertengahan September untuk membuat persiapan penuh dalam perundingan tingkat tinggi guna mencapai kemajuan substansial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...