Jokowi Pastikan Bali Dapat Jatah Menteri di Kabinet Baru

Sejak reformasi 1998, hampir setiap kabinet pemerintahan memiliki menteri asal Bali.
Image title
Oleh Antara
8 Agustus 2019, 17:33
jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Musrenbangsan. Jokowi dalam pidato di depan Kongres PDIP memastikan Bali akan mendapat jatah menteri untuk kabinet pemerintahan yang akan datang.

Presiden Joko Widodo memastikan Bali akan mendapat jatah menteri dalam kabinet yang akan dipimpinnya selama lima tahun ke depan bersama Cawapres Terpilih H Ma'ruf Amin.

"Yang jelas dari Bali pasti ada," kata Presiden usai menghadiri Pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Denpasar, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut akan terdapat 34 menteri yang akan membantu dirinya menjalankan pemerintahan hingga 2024 mendatang.

(Baca: Soal Gerindra, Jokowi Akan Diskusi dengan Koalisi)

Advertisement

Kendati memastikan ada wakil dari Bali, ia mengaku belum bertemu dengan ketua-ketua partai koalisi untuk membicarakan lebih detail terkait dengan posisi calon-calon menteri kabinet.

"Kalau sudah ketemu, kami akan berbicara nanti tambahan koalisi misalnya," ucapnya yang datang ke arena Kongres PDI Perjuangan tersebut mengenakan pakaian adat Bali berwarna merah.

Di sisi lain, ia memastikan penentuan menteri kabinet akan dilakukan berdasarkan hitungan dan kajian mendalam yang disesuaikan dengan kepentingan bangsa dan negara. "Kalau baik untuk bangsa dan negara kenapa tidak, dari semuanya," ujarnya.

Ia juga mengingatkan untuk memantapkan implementasi toleransi yang terus-menerus dan secara luas.

(Baca: Megawati Ajak Prabowo Bertarung Lagi di Pemilu 2024)

Dalam Pemilu 2019, pasangan capres-cawapres 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 92 persen suara di Bali, sedangkan Prabowo-Sandi hanya mengantongi 8% suara.

Sejak reformasi 1998, hampir seluruh kabinet memiliki satu menteri asal Bali. Berikut daftarnya:

-Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, saat ini menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM

-Jero Wacik, menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

-I Gede Ardika, menjabat sebagai Menteri Kebudayaan dan Pariwisata era Presiden Megawati

-Anak Agung Gde Agung, menjabat sebagai Menteri Negara Masalah-Masalah Kemasyarakatan era Presiden Abdurrahman Wahid

-Ida Bagus Oka, menjabat sebagai Menteri Negara Kependudukan era Presiden BJ Habibie.

Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait