The Fed Larang Pejabatnya Transaksi Saham dan Batasi Investasi Lain

Agustiyanti
22 Oktober 2021, 07:25
the fed, trading saham, perdagangan saham, larangan investasi, pejabat the fed
Reuters
Kebijakan ini menyusul laporan perdagangan yang dilakukan oleh sejumlah pejabat secara aktif yang memicu kegemparan terkait masalah etika.

Bank Sentral AS, The Federal Reserve melarang para pejabat tinggi di bank sentral untuk melakukan pembelian saham dan membatasi aktivitas investasi mereka lainnya sekitar enam minggu. Kebijakan ini menyusul laporan perdagangan yang dilakukan oleh sejumlah pejabat secara aktif yang memicu kegemparan terkait masalah etika. 

Mengutip CNBC,  para pejabat harus memberikan pemberitahuan 45 hari sebelum membeli atau menjual sekuritas apa pun yang masih diperbolehkan dalam aturan terbaru. Mereka juga akan diminta untuk memegang sekuritas setidaknya selama satu tahun, dan mereka tidak dapat membeli atau menjual dana selama "tekanan pasar keuangan yang meningkat

"Aturan baru yang keras ini meningkatkan standar untuk meyakinkan publik bahwa kami mempertahankan fokus tunggal pada misi publik Federal Reserve," kata Ketua Dewan Federal Reserve Jerome Powell dalam sebuah pernyataan.

Dalam siaran persnya, The Fed mengatakan aturan baru itu dimaksudkan untuk membantu menjaga bahkan munculnya konflik kepentingan dalam waktu keputusan investasi.

"Saya berharap tindakan cepat akan memungkinkan kami untuk melupakan ini dan membuat  kembali fokus pada pekerjaan di depan," kata Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic kepada CNBC selama wawancara "Closing Bell".

Aturan tersebut muncul setelah pengungkapan bahwa beberapa pejabat Fed telah membeli dan menjual saham pada saat kebijakan bank sentral dirancang untuk meningkatkan fungsi pasar, terutama selama krisis Covid-19.

Sejak awal pandemi, The Fed telah membeli obligasi lebih dari US$4 triliun untuk meningkatkan perekonomian melalui likuiditas dan suku bunga rendah. The Fed juga membeli miliaran obligasi korporasi dari beberapa nama terbesar di Wall Street dalam upaya untuk memastikan fungsi pasar.

Kedua belas presiden Fed regional akan diminta untuk mengungkapkan kepada publik transaksi keuangan dalam waktu 30 hari, sebuah kebijakan yang sudah berlaku untuk gubernur dan staf senior yang berbasis di Washington. Mereka sebelumnya hanya diharuskan melakukannya setiap tahun. Laporan akan dipublikasikan di situs web Fed.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...