Cegah Kepanikan, Pengusaha Minta Pemerintah Jujur Soal Virus Corona

Image title
3 Maret 2020, 13:08
virus corona, kadin, korona
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020). Kadin Indonesia (3/3) meminta pemerintah jujur sampaikan data virus corona untuk cegah kepanikan.

Pengusaha memberikan beberapa saran agar pemerintah dapat menangani kasus positif virus corona Covid-19 yang merebak sejak hari Senin (2/3). Salah satunya agar mereka transparan menyampaikan data-data yang terkait dengan penanganan wabah ini.

Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat agar tak menimbulkan kepanikan pasar. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencontohkan kepanikan sempat muncul di Singapura lantaran warga sempat menganggap pemerintahnya tak transparan menyampaikan informasi terkini.

"Ini yang harus kita hindari, jangan sampai ada kepanikan pasar," Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin, Shinta W Kamdani kepada Katadata.co.id, Selasa (3/3).  

(Baca: Hoaks Virus Corona Bertambah, Menteri Kominfo Ancam Denda Rp 1 Miliar)

Shinta juga meminta ada perluasan travel ban agar warga asing yang menyebarkan penyakit ini tak masuk Indonesia. Saat ini pemerintah telah melarang warga Tiongkok untuk berkunjung ke Indonesia usai virus corona menjangkiti warga Wuhan, Hubei.

Dia juga mengatakan RI juga perlu mempertimbangkan bantuan negara lain untuk membantu deteksi wabah ini. Hal tersebut agar penyebaran virus corona dapat ditahan agara tak menyebar ke wilayah lain. “Dilakukan sebelum membawa dampak ekonomi dan sosial yang lebih besar,” kata Shinta. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...