Jelang Kabinet Baru, PDIP Pantau Kursi Mendikbud

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beralasan Kemendikbud adalah tulang punggung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang jadi sasaran Jokowi.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
17 Oktober 2019, 12:39
Mendikbud, PDIP, Kabinet, Hasto
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kedua kiri) dalam keterangan tertulisnya (17/10) mengatakan partai PDIP memberi perhatian besar kepada posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

PDI Perjuangan mulai menyoroti kursi kabinet yang dianggap vital pada pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendatang. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partai banteng memberi perhatian besar kepada posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasto beralasan Kemendikbud adalah tulang punggung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang jadi sasaran pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Dia mengatakan kemajuan bangsa hanya bisa diraih jika SDM dikembangkan.

“Dengan menitikberatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi bangga dengan kemampuan bangsa sendiri,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/10).

(Baca: Banyak Bocoran Nama Menteri, Jokowi: Susunan Kabinet Sudah Rampung)

Hasto juga merasa kehadiran Badan Riset Nasional diperlukan untuk membenahi SDM. Dia menjelaskan peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan dengan penguasaan ilmu sains dasar. Sedangkan pengembangan ilmu lain seperti teknik penting dalam peningkatan produktivitas di bidang kelautan dan pertanian.

“Ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia, serta biologi,” kata Hasto.

Hasto juga menyarankan tak perlu banyak perubahan nomenklatur kabinet. Ini agar Jokowi dapat langsung bekerja cepat untuk menjawab tantangan global seperti ancaman resesi ekonomi.

“Ada tantangan eksternal dan pentingnya konsolidasi nasional,” ujar dia.

Sedangkan politikus PDIP Hendrawan Supratikno tak membantah maupun mengiyakan ketika ditanya apakah pernyataan Hasto itu dimaknai partai membidik posisi Mendikbud. "Kita lihat saja nanti," kata Hendrawan kepada Katadata.co.id, Kamis (17/10).

(Baca: Moeldoko: Jokowi Pusing Susun Formasi Kabinet Periode Kedua)

Jokowi juga memastikan susunan kabinet pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Kabinet yang baru, menurut dia, akan diumumkan setelah pelantikan presiden dan wakil presiden 2019-2024 pada 20 oktober mendatang.

"Bisa di hari yang sama atau setelahnya," terang Jokowi.

Reporter: Antara

Video Pilihan

Artikel Terkait