Daftar 57 Wilayah Zona Merah Corona RI, Terbanyak Berada di Jawa Timur

Ameidyo Daud Nasution
25 Juni 2020, 20:19
zona merah, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.
Petugas mengambil sampel lendir dari seorang pengunjung saat tes swab COVID-19 di salah satu pusat perbelanjaan modern di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (20/05/2020). Ada 57 wilayah di Indonesia masuk zona merah penularan corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memaparkan zonasi penyebaran virus corona di Indonesia. Tercatat, ada 57 kabupaten dan kotamadya di Indonesia yang dikategorikan berisiko tinggi atau zona berwarna merah penularan penyakit tersebut.

Hal ini didapatkan Gugus Tugas dari 15 indikator epidemiologis, kesehatan masyarakat, serta pelayanan kesehatan yang dihitung sejak 15 Juni sampai 20 Juni 2020. Dari faktor tersebut, mereka melakukan pembobotan dengan nilai 1-100.

“Zona risiko tinggi kurang dari 60,” kata Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (25/6).

(Baca: Daftar Daerah Zona Hijau dan Kuning Corona, Sedikit di Jawa)

Selain zona merah, Gugus Tugas melaporkan ada 112 zona berwarna hijau alias tidak ada kasus corona. Sedangkan zona kuning (risiko rendah) dan zona oranye (risiko sedang) tercatat berada di 188 serta 157 lokasi.

Meski demikian Dewi mengatakan angka zona merah ini menurun dari 108 pada tanggal 31 Mei lalu. “Secara keseluruhan, kami lihat ada tren membaik,” kata Dewi.

Wilayah dengan persebaran zona merah paling banyak berada di Pulau Jawa yakni 22 kabupaten dan kotamadya. Sedangkan provinsi penyumbang zona berisiko tinggi ada di Jawa Timur dengan jumlah 13 titik.

(Baca: Pengelolaan Data Makin Baik, Jokowi Optimistis Bisa Tangani Corona)

Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, berikut daftar lokasi zona merah corona:

Sumatera Utara: Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kota Binjai.

Sumatera Selatan: Kota Palembang.

Sulawesi Utara: Kota Tomohon, Kota Manado, Minahasa Utara.

Sulawesi Tenggara: Buton

Sulawesi Selatan: Gowa dan Kota Makassar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...