Jokowi Pantau Vaksinasi Covid-19 Ribuan Pelaku Transportasi di Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
10 Juni 2021, 11:45
jokowi, vaksin, covid, transportasi
Katadata
Presiden Joko Widodo memantau vaksinasi pekerja transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (10/6). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo memantau vaksinasi Covid-19 kepada ribuan pelaku transportasi di DKI Jakarta. Vaksinasi dilakukan kepada 1.000 orang pelaku transportasi di Terminal Kampung Rambutan dan 1.500 orang di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pagi hari ini kita vaksinasi kurang lebih 1.500 orang baik itu pekerja pelabuhan, pekerja bongkar dan muat, para supir dan kernet, dan pelayan publik lainnya," kata Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/6).

Tanjung Priok menjadi pelabuhan terbesar dan tersibuk di Tanah Air serta melayani kapal penumpang dan kapal barang, baik dari domestik maupun mancanegara. Selain itu, pelabuhan ini adalah infrastruktur penghubung yang sangat penting dalam mendistribusikan logistik ke seluruh Indonesia.

Oleh sebab itu vaksinasi pekerja pelabuhan penting dilakukan demi mencegah tertular Covid-19. "Sangat tinggi kemungkinan untuk tertular Covid-19, baik karena interaksi dengan penumpang kapal, interaksi dengan ABK di kapal," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga memantau vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan yang merupakan hub transportasi besar. Tingkat interaksi pekerja transportasi di sini sangat tinggi sehingga vaksin diperlukan.

Sedangkan Kementerian Kesehatan mencatat hingga Rabu (9/6) sebanyak 2,7 juta orang di DKI Jakarta telah mendapatkan dosis pertama vaksin virus corona Covid-19. Jumlah itu setara dengan 89,9% dari target sebesar 3 juta orang.

Sebanyak 1,85 juta orang di Jakarta juga telah mendapatkan dosis kedua vaksin corona. Jumlah tersebut setara dengan 61,8% dari target sasaran vaksinasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...