Mendag Bidik Misi Dagang ke Nigeria hingga India untuk Genjot Ekspor

Andi M. Arief
19 Oktober 2022, 13:58
ekspor, india, nigeria, perdagangan
Instagram Zul Hasan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Kementerian Perdagangan  akan fokus menyasar ekspor produk asal Indonesia ke pasar non tradisional pada masa depan. Beberapa pasar yang dimaksud adalah negara-negara di Afrika, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Timur, dan Amerika Latin.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan strategi tersebut dilakukan dalam menghadapi perlambatan ekonomi dunia. Selain itu langkah ini diharapkan mampu meningkatkan surplus neraca perdagangan pada masa depan.

"Sampai akhir tahun, saya akan datang ke India, Bangladesh, Mesir, dan Nigeria. Akan datang ke sana bawa misi dagang dengan teman-teman pelaku UMKM, Kadin, dan sebagainya," kata Zulkifli di pembukaan acara Trade Expo Indonesia 2022 di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan, Rabu (19/10).

Zulkifli menekankan potensi pasar di Nigeria mencapai 200 juta orang. Menurutnya, beberapa komoditas yang bisa menembus pasar Nigeria adalah garmen, alas kaki, kerudung, dan makanan.

Secara umum, Zulkifli mencatat potensi pasar di Benua Afrika mencapai 1 miliar orang dan memiliki potensi besar. Potensi ini terlihat dari banyaknya tamu undangan Trade Expo Indonesia yang datang dari negara-negara di Benua Afrika.

Zulkifli mengatakan penetrasi pasar negara-negara di Benua Afrika merupakan dampak dari Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA). Perjanjian tersebut membuat barang-barang Indonesia yang sampai ke UAE tidak dikenakan bea masuk.

Zulkifli telah meneken IAUE-CEPA pada 1 Juli 2022 dan berharap DPR dapat meratifikasi perjanjian ekonomi sebelum Presiden UAE Mohammed bin Zayed Al Hayan datang ke Indonesia. Sebagai informasi, Presiden MBZ akan mengunjungi Solo pada 17 November 2022.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...