Luhut Janji KTT G20 Bali Akan Menjadi yang Terbaik Sepanjang Sejarah

Ameidyo Daud Nasution
10 November 2022, 17:10
luhut, g20, ktt G20
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Menko Marves Luhut Pandjaitan berpidato saat pembukaan State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10/2022).

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan dimulai pada 15 November mendatang. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan persiapan KTT tersebut telah mencapai 100%.

Luhut mengatakan seluruh perangkat penyelenggara acara besar itu telah bekerja dengan baik. Begitu pula aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri telah mempersiapkan diri.

"Kalau saya bandingkan dengan kegiatan G20 yang saya hadiri, yang kita lakukan ini one of the best (salah satu yang terbaik). Mungkin the best ever in the history of G20 (terbaik sepanjang sejarah G20)," kata Luhut usai meninjau Command Center di Polda Bali, Denpasar, Kamis (10/11) dikutip dari Antara.

Luhut mengatakan kesiapan pengamanan TNI dan Polri sudah matang dengan memanfaatkan fitur canggih. Teknologi yang digunakan bisa mengenali wajah (face recognition) seseorang dan akan diintgrasikan dengan big data yang dimiliki TNI serta Polri.

Dengan kesiapan teknologi ini, Luhut optimistis Indonesia layak diperhitungkan sebagai negara modern yang mampu menjamin keamanan selama KTT G20.

"Kami ingin menunjukkan diri sebagai bangsa yang besar dan mampu mengatur dirinya, bukan bangsa ecek-ecek," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...