Menteri ESDM Targetkan Pipa Gas Dumai Sei-Mangkei Kelar pada 2027

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Menteri ESDM Arifin Tasrif memberikan paparan saat sarasehan di Jakarta, Selasa (21/3/2023). Sarasehan tersebut membahas tentang isu strategis dengan tema "Sinkronisasi Tata Kelola Pertambangan Mineral Utama Perspektif Politik, Hukum dan Keamanan".
5/1/2024, 19.09 WIB

Pemerintah menargetkan pembangunan proyek transmisi pipa gas bumi Dumai-Sei Mangkei akan dimulai pada tahun ini. Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, proyek ini ditargetkan akan selesai pada 2027.

“Tahun ini kami mulai bangun Dumai-Sei Mangkei, 2027 harus sudah selesai,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat (5/1).

Proyek sepanjang 400 km ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Pembangunan proyek ini diproyeksikan akan menelan anggaran senilai Rp 6,6 triliun. 

Penyelesaian Proyek Pipa Gas Dumai-Sei Mangke

Arifin mengungkapkan, bahwa penyelesaian proyek pipa gas Dumai - Sei Mangkei ini menjadi bagian dari upaya antisipasi kelebihan gas bumi, di mana ada potensi gas besar di Laut Andaman. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk industri-industri yang membutuhkan gas bumi.

"Jadi nanti kalau ada gas itu, selain nanti untuk bikin pabrik pupuk dan juga petrochemical di Lhokseumawe," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani