Tokopedia semakin serius menggarap pasar syariah. Setelah merilis Tokopedia Salam, kini perusahaan e-commerce itu menyediakan lebih dari 100 paket umrah lewat Tokopedia Umroh.
Head of Tokopedia Salam Garri Juanda mengatakan, perusahaannya telah bermitra dengan 20 lebih agen perjalanan untuk menyediakan paket umrah. Agen tersebut memiliki izin beroperasi dari Kementerian Agama.
Perusahaannya juga memverifikasi agen-agen tersebut. Karena itu, Garri memastikan bahwa layanan perjalanan umrah ini aman dan dapat dipertanggungjawabkan. “Puluhan agen resmi itu terkurasi dengan standar layanan yang baik,” kata dia saata konferensi pers di Jakarta, kemarin (27/11).
Paket umrah yang ditawarkan beragam, mulai dari kualitas good, medium hingga bintang lima. Konsumen bisa memilih untuk melaksanakan umrah saja atau pelesir ke beberapa negara sebelum atau sesudah ke Arab Saudi.
(Baca: Rambah Pasar Syariah, Tokopedia Salam Sediakan 21 Juta Produk Halal)
Berdasarkan pantauan dari Katadata.co.id, harga paket umrah di Tokopedia Umroh mulai dari Rp 20 juta hingga 40 juta pada tahun depan. Harganya tergantung jenis paket yang dipilih.
Garri menyampaikan, ada dua skema pembayaran yakni dicicil dan bayar penuh. Ia memastikan, cicilannya tanpa riba karena tidak ada bunga. Sedangkan jika ingin membayar penuh, maka harus lunas sebelum keberangkatan.
Ia juga menegaskan bahwa uang tersebut bakal langsung disalurkan ke bank syariah yang ditunjuk oleh agen perjalanan untuk menyimpan dananya. Saat ini, perusahaan telah bekerja sama dengan Bank Muamalat, Syariah Mandiri Syariah, dan BRI Syariah.
(Baca: Setelah Tokopedia, Shopee Sediakan Fitur Syariah)
Ke depan, Tokopedia membuka peluang menyediakan layanan perjalanan haji di platform-nya. "Saat ini kami masih fokus di Tokopedia Umroh, karena layanan itu lebih melekat untuk masyarakat umum,” kata dia.
Salah satu unicorn Tanah Air ini juga sudah meluncurkan Tokopedia Salam pada awal bulan ini. Perusahaan mencatat, kunjungan pengguna ke marketplace halal itu meningkat 45%.
Tokopedia Salam menyediakan lebih dari 21 juta produk halal terkurasi dari 700 ribu lebih mitra penjual. Ada beragam produk yang dijual seperti makanan, minuman, fesyen, kosmetik, perlengkapan ibadah hingga Tokopedia Emas serta Reksa Dana Syariah.
Pada akhir Kuartal III 2019, transaksi dan jumlah pengguna Tokopedia Emas meningkat lebih dari lima kali lipat dibandingkan Kuartal I. Sejak Mei hingga Oktober, transaksi Tokopedia Reksa Dana Syariah pun tumbuh hampir dua kali lipat, dengan peningkatan total tabungan terakumulasi lebih dari empat kali.
(Baca: Momentum Perusahaan Digital Meraup Potensi Besar Pasar Syariah)