Lazada Gaet 155 Ribu Penjual dan 3 Ribu Brand Sepanjang 2018

Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Monika  Rudijono selaku  Chief Marketing Lazada dalam Press Conference dari rangkaian selebrasi ulang tahun yang ke-7 Lazada di Media Center Lazada Super Party, ICE- Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tanggerang,  Banten (26/3). 
26/3/2019, 18.15 WIB

Perusahaan e-commerce  Lazada sudah menggaet 155 ribu penjual dan 3 ribu pemegang merek (brand) di enam negara di Asia Tenggara sepanjang 2018. Pada 2030, Lazada menargetkan jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang bergabung mencapai 8 juta atau naik 51,6 kali lipat dari posisi saat ini.

Salah satu strategi Lazada untuk mencapai target tersebut adalah dengan menghadirkan hiburan di platform-nya. Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia Monika Rudijono mengatakan, layanan hiburan memberi pengalaman berbelanja yang berbeda bagi konsumennya.

Tahun ini, Lazada pun merislis fitur siaran langsung (live streaming) dan gim dalam rangka ulang tahun ketujuh.  “Kami harap konsumen kami selalu melihat Lazada sebagai tujuan shoppertainment  yang menawarkan ragam pilihan produk, potongan harga, in-app games, konten video menarik, dan live streaming,” ujar Monica saat konferensi pers di ICE BSD, Tangerang, Selasa (26/3).

(Baca: Lazada Targetkan 300 Juta Konsumen hingga 2030)

Layanan hiburan itu diperlengkap dengan konser yang menghadirkan Dua Lipa, AgnezMo, Nadine Lustre dan Sam Concepcion, Dong Nhi, dan lainnya di ICE, BSD, Indonesia pada hari ini (26/3). Konser seperti ini kemungkinan digelar rutin di negara cakupan Lazada, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Hiburan seperti konser, live streaming, gim, dan toko virtual seperti wonderland ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan konsumen ke platform Lazada, baik aplikasi maupun situs. Apalagi, Lazada mencatat penggunanya menyukai hiburan lewat ponsel pintar (smartphone).

IndonesiaMalaysiaFilipinaSingapuraThailandVietnam
Penetrasi internet50 %79 %65 %84 %82 %67 %
Penetrasi perangkat mobile67 %65 %58 %82 %80 %73 %
Social Commerce60 % pengguna internet di Asia Tenggara pernah berbelanja secara online. Sebanyak 33 % di antara membeli produk di media sosial
% pengguna internet yang membeli produk di sosial media30 %31 %Not availableNot available91 %Not available
Sosial media yang paling diminatiWhatsAppYouTubeFacebookYouTubeLineYouTube

Sumber: situs pemerintah di ASEAN, McGill University

(Baca: Ulang Tahun Ketujuh, Lazada Luncurkan Fitur Streaming di Aplikasi)

Sejalan dengan hal itu, Lazada menargetkan bisa menggaet 300 juta konsumen di enam negara pada 2030. Dengan jumlah populasi negara-negara ASEAN saat ini sekitar 650 juta jiwa, maka Lazada menargetkan hampir separuhnya  menjadi konsumen mereka.

Sejak hadir di Indonesia pada 2012, Lazada menjalankan beberapa program untuk meningkatkan jumlah pengguna. Di tahun pertamanya, Lazada meluncurkan Lazada Express. Lalu, Lazada meluncurkan Lazada Marketplace di 2013. Pada 2014, Lazada merilis Fulfillment by Lazada (FBL) untuk meningkatkan layanan di bidang logistik dan distribusi.

Kemudian, Lazada bergabung dengan e-commerce terbesar asal Tiongkok, Alibaba pada 2016. Pada 2017, Lazada meluncurkan Lazada Club dan Lazada University guna memberikan pelatihan kepada penjual di platformnya. Tahun lalu, Lazada membuka LazMall, yang diklaim sebagai mal online terbesar di Asia Tenggara. 

(Baca: Telisik Kuasa Alibaba di Lazada: Teknologi, Logistik hingga Pembayaran)

Berdasarkan riset iPrice, peringkat kunjungan ke situs Lazada berfluktuatif pada 2018. Pada Kuartal I-2018, Lazada menempati posisi pertama. Lalu posisinya turun menjadi ketiga di Kuartal II-2018. Kemudian, Lazada menduduki peringkat keempat berturut-turut selama Kuartal III dan IV 2018. Meski begitu, Lazada menguasai 25% dari total pangsa pasar e-commerce di Asia Tenggara.

Reporter: Cindy Mutia Annur