Selain Facebook, 7 Perusahaan termasuk Google - Apple Pernah Ubah Nama

Anton/pexels.com
Tampilan Facebook di Smartphone
Penulis: Desy Setyowati
22/10/2021, 11.59 WIB

Facebook dilaporkan berencana untuk mengubah nama perusahaan. Kabarnya, perusahaan akan membentuk induk baru.

Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh The Verge pada Selasa malam (19/10). Rebranding ini akan mencakup penciptaan perusahaan induk baru. Sedangkan Facebook dan berbagai aplikasi media sosial, seperti Instagram dan WhatsApp, menjadi anak perusahaan.

Juru bicara Facebook menolak untuk mengomentari rumor dan spekulasi.

Sedangkan The Verge melaporkan bahwa perusahaan dapat mengumumkan perubahan pada 28 Oktober atau saat konferensi Connect Facebook. “Jika tidak lebih cepat,” demikian dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (22/10).

CNBC Internasional merangkum tujuh perusahaan yang mengubah nama dan tetap tumbuh, yakni:

1. Google menjadi Alfabet

Google membentuk perusahaan induk, Alphabet pada 2015. Alasannya, membantu untuk menekankan kepentingan bisnis non-pencarian Google, seperti kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI), mobil otonom, dan investasi modal ventura.

Tetapi saat itu, Google juga berada di bawah pengawasan ketat dari regulator pemerintah, seperti Facebook kini. Pengawasan ini termasuk pertanyaan antimonopoli atas kekhawatiran bahwa bisnis perusahaan menghambat persaingan.

Harga saham Alphabet naik hampir lima kali lipat sejak perubahan tersebut. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini pun sekarang memiliki nilai pasar US$ 1,9 triliun.

Perubahan nama itu juga bukan pertama kalinya bagi Google. Pada 1998, Co-founder Larry Page dan Sergey Brin mengubah nama perusahaan menjadi Google dari sebelumnya BackRub.

2. Apple menghilangkan kata Computer

Pada 2007, Apple Computer menghapus kata kedua dari namanya. Pada tahun yang sama, perusahaan meluncurkan iPhone pertama.

Saat itu, Co-Founder Apple Steve Jobs menjelaskan bahwa perusahaan berkembang lebih dari sekadar perusahaan komputer. Perubahan nama ini merupakan cerminan dari peningkatan fokus Apple pada lini produk lain.

Sejak perubahan nama dan peluncuran iPhone, valuasi Apple melonjak. Harga sahamnya meningkat hampir 1.200% dalam dekade terakhir, dengan nilai pasar US$ 2,4 triliun.

3. Dunkin' menghilangkan kata Donat

Halaman: