7 Lafal Doa Hujan Berkah dan Terjemahannya

Pexels
Ilustrasi, hujan.
Editor: Agung
15/11/2023, 14.02 WIB

Saat hujan turun, momen itu merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Doa tersebut dapat perihal apapun termasuk mengharap hujan yang datang membawa keberkahan.

Dalam agama Islam, hujan merupakan anugerah dari Allah SWT kepada umat-Nya. Sebab, hujan mampu membawa keberkahan, manfaat, menyuburkan, sehingga manusia dan makhluk lainnya pun dapat hidup dengan baik.

Berkaitan dengan itu, menarik mengetahui lafal dan terjemahan doa hujan berkah. Simak firman Allah SWT tentang hujan sebagai berkah, hadist tentang berdoa saat hujan turun beserta lafal doa agar hujan menjadi berkah sebagai berikut.

Hujan sebagai Anugerah yang Menyuburkan dan Menghidupi

Doa Hujan Berkah (Pexels) 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hujan adalah anugerah yang menyuburkan. Manusia dan makhluk lainnya pun dapat hidup dengan adanya hujan.

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً ۖ لَكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَمِنْهُ شَجَرٌ فِيهِ تُسِيمُونَ

Artinya: Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternak.

اَللّٰهُ الَّذِيْ يُرْسِلُ الرِّيٰحَ فَتُثِيْرُ سَحَابًا فَيَبْسُطُهٗ فِى السَّمَاۤءِ كَيْفَ يَشَاۤءُ وَيَجْعَلُهٗ كِسَفًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖۚ فَاِذَآ اَصَابَ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖٓ اِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُوْنَۚ

Artinya : Allah-lah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang Dia kehendaki, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila Dia menurunkannya kepada hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki tiba-tiba mereka bergembira.

Hadist tentang Keutamaan Memanjatkan Doa Saat Turun Hujan

Doa Hujan Berkah (Pexels) 

Imam Syafi’i yang mengutip buku Amalan Pembuka Rezeki oleh Haris Priyatna dan lisdy Rahayu ini menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Berdoalah pada waktu doa-doa diperkenankan Tuhan, yakni pada saat berjumpa dengan pasukan musuh, ketika akan melaksanakan salat dan ketika turun hujan." (HR Syafi'i)

Hadist lain yang menyatakan hal tersebut yakni “Burulah manjurnya doa ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”

Lafal dan Terjemahan tentang Doa Hujan Berkah dan Bermanfaat

Doa Hujan Berkah (Pexels) 

Berikutnya terdapat doa yang tepat dipanjatkan saat hujan. Doa berikut ini terkait agar hujan yang datang membawa berkah bagi makhluk hidup di dunia.

1. Doa Mengharap Hujan yang Tidak Merusak dan Menumbuhkan Pepohonan

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّج

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR Bukhari).

2. Doa Agar Hujan Tidak Membahayakan

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

3. Doa Mengharap Hujan Menjadi Manfaat

. اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Artinya: Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat. (Lihat Sayid Usman bin Yahya, Maslakul Akhyar, cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

4. Doa Meminta Perlindungan kepada Allah SWT

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِيْ ثَنَاءَ عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Artinya: Ya Allah aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu dan dengan penyelamatan-Mu dari siksa-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak bisa menghitung pujian untuk-Mu, Engkau sebagaimana engkau menyanjung diri-Mu.

5. Doa Hujan Berkah, Merata, Menyuburkan, dan Bermanfaat

اللهمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا, نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلًا غَيْرَ أٰجِلٍ

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang lebat merata, mengairi, menyuburkan, bermanfaat tanpa mencelakakan, segera tanpa ditunda.

6. Doa Meminta Hujan yang Merata, Menyuburkan, Tidak Berbahaya dan Menghidupi

اللهمّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا سَرِيْعًا مَرِيْعًا غَدَقًا طَبَقًا، عَاجِلًا غَيْرَ رَائِفٍ، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ تَمْلَأُ بِهِ الضَّرْعُ، وَيَنْبُتُ بِهِ الزَّرْعُ وَتُحْيِي بِهِ الْأَرْضُ بَعْدَ مَوْتِهَا وَكَذَلِكَ تُخْرِجُوْنَ

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang merata, segera, menyuburkan, lebat, merata, segera tanpa kelambatan, bermanfaat tanpa bahaya. Hujan yang dapat memenuhkan ambing (kantong kelenjar) susu binatang ternak, yang menumbuhkan tanaman, yang menghidupkan tanah setelah mati (karena kekeringan).

7. Doa Meminta Hujan Sebagai Kekuatan dan Pencapaian Hingga Akhir Mata

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهمَّ أَنْتَ اللهُ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ الْغَنِيُّ, وَنَحْنُ الْفُقَرَاءُ أَنْزِلْ عَلْيْنَا الْغَيْثَ وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ لَنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَي حِيْنٍ

Artinya: Segala puji milik Allah, Tuhan seluruh semesta, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Tuhan yang menguasai hari pembalasan. Ya Allah, Engkau adalah Allah, tiada Tuhan kecuali Engkau yang Maha Kaya, sedangkan kami makhluk yang membutuhkan, turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang Engkau turunkan kepada kami sebagai kekuatan dan pencapaian hingga akhir masa.

Itulah penjelasan mengenai hujan dalam Islam, momen berdoa yang tepat yakni saat hujan, dan sederet doa hujan berkah dan menghidupi serta menyuburkan.