Suntik Vaksinasi Covid-19, Mengenal Fobia Jarum dan Cara Mengatasinya

Hanna Farah Vania
20 Mei 2021, 08:00
Suntik Vaksinasi Covid-19, Mengenal Fobia Jarum dan Cara Mengatasinya
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Lansia berusia 102 tahun, Inna Wati yang menerima suntikan vaksin COVID-19 di Puskesmas Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Minggu (11/4/2021). Salah satu warga lanjut usia tertua di Indonesia mengikuti vaksinasi COVID-19 dalam kondisi sehat dan berharap dapat memotivasi masyarakat untuk tidak takut mengikuti program vaksinasi COVID-19 yang dicanangkan pemerintah.

Berbagai negara telah melakukan vaksinasi Covid-19. Indonesia mulai melakukan program tersebut sejak pertengahan Januari tahun ini. Meski demikian, pemberian vaksin virus corona tidak selalu mudah. Salah satu penyebabnya lantaran ada orang yang takut atau fobia akan jarum suntik.

Seperti yang dialami Susanto. Lelaki 68 tahun ini mengaku takut disuntik karena mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan sewaktu kecil. Namun, pihak keluarga berupaya meyakinkannya untuk ikut vaksinasi Covid-19 secara drive thru yang dilaksanakan di Rumah Sakit Universitas Indonesia, Depok.

Pria lanjut usia itu bercerita dirinya tegang dan cemas selama proses antrian. Tekanan darahnya sempat meningkat. Namun, proses penyuntikan tidak seseram yang dibayangkan. “Ternyata tidak sakit,” katanya.

Proses vaksinasi tahap kedua pun berjalan dengan lancar karena suasana sudah lebih rileks. Susanto satu dari sasaran vaksinasi sebanyak 181,5 juta jiwa dan 40,3 juta jiwa (tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia). 

Fobia terhadap jarum suntik merupakan hal yang sangat umum di kalangan orang dewasa. Melansir dari Time.com, berdasarkan studi meta-analitik tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing, sekitar 16 persen orang dewasa menghindari vaksinasi flu karena ketakutan atau fobia jarum suntik.

Menurut American Psychiatric Association's Diagnostics and Statistical Manual of Health Disorders fobia jarum suntik disebut trypanophobia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...