Peran Aktor Lintas Sektor Diperlukan agar PPKM Mikro Efektif

Hanna Farah Vania
17 Juni 2021, 09:25
Petugas menghentikan pengendara yang tidak mengenakan masker saat sidak protokol kesehatan di kawasan Ubung, Denpasar, Bali, Rabu (19/5/2021). Sidak penerapan protokol kesehatan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tersebut terus
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.
Petugas menghentikan pengendara yang tidak mengenakan masker saat sidak protokol kesehatan di kawasan Ubung, Denpasar, Bali, Rabu (19/5/2021).

Jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat setelah libur panjang Lebaran. Oleh karenanya, pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) harus kembali dilakukan. Upaya tersebut akan lebih efektif jika melibatkan peran berbagai aktor dari lintas sektor.

“Akan lebih efektif lagi secara penanganan di masyarakat ketika yang ambil bagian tidak cuma kesehatan, tapi dengan melibatkan seluruh sektor, bahkan sampai RT dan RW (rukun tetangga/rukun warga),” ujar Staf Seksi Gizi, Promkes dan PPSM Dinas Kesehatan DKI Jakarta Robin Andriyanto dalam diskusi virtual “Efektivitas PPKM Mikro Kendalikan Covid-19” yang digelar Katadata beberapa waktu lalu.

Robin menambahkan, pelaksanaan PPKM Mikro juga perlu dibarengi dengan testing, tracing, dan treatment (3T) yang signifikan. Dengan adanya koordinasi hingga tingkat terendah, diharapkan 3T akan semakin mudah dilakukan. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta pun melakukan pengawasan dan pendataan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendata seluruh RT dan mengelompokkannya berdasarkan zona merah hingga hijau. Saat ini terdapat 3 RT yang tergolong zona merah, 23 zona oranye, 2.416 zona kuning, dan 28.040 berada di zona hijau. Sebagai tindak penanganan, Pemprov memberlakukan micro lockdown di RT yang tergolong zona merah.  

“Jadi ada pembatasan masyarakat yang keluar masuk, terus di akses pintu, Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) berjaga di sana,” katanya.

Robin mengungkapkan, PPKM Mikro merupakan salah satu strategi yang efektif untuk menekan jumlah kasus Covid-19. Hal ini berdasarkan jumlah penurunan angka yang cukup signifikan sejak PPKM Mikro diberlakukan pada Januari lalu hingga Lebaran.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...