Sekolah Asrama Terpapar Virus Corona

Hidup secara kolektif dan penggunaan fasilitas yang bergantian berpotensi menciptakan klaster baru.
Image title
3 Agustus 2020, 07:20

Ribuan kasus positif Covid-19 ditemukan di berbagai sekolah berasrama. Terdapat beberapa kasus Covid-19 yang bersumber dari sejumlah sekolah berasrama. Delapan di antaranya tersebar dari Jawa Timur hingga Banten.

Salah satunya ditemukan di Sekolah Calon Perwira TNI AD, Bandung. Sebanyak 1.308 orang dinyatakan terjangkit dan sekaligus memicu lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Barat.

Sejumlah asrama memiliki kondisi ventilasi, sirkulasi udara, dan sanitasi yang buruk sehingga meningkatkan risiko penularan. Selain itu, hidup berasrama tak lepas dari kegiatan berkumpul dalam jumlah waktu lama. Ditambah lagi penggunaan fasilitas bersama dan kerapatan ruang tertutup juga menambah potensi transmisi virus.

“Ini akan mempengaruhi laju penularan. Satu terinfeksi, dengan cepat langsung menyebar,” ujar Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Rabu (15/7).

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.