Vaksin Buatan Rusia Diklaim Efektif Melawan Varian Baru Covid-19

Image title
28 Februari 2021, 11:44
Program Vaksin, Varian Baru Covid-19,
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Ilustrasi. Sputnik V diklaim efektif digunakan sebagai vaksin untuk mencegah mutasi varian baru Covid-19.

Sejumlah ilmuwan di Rusia telah melakukan uji coba dengan menggunakan vaksin Sputnik V untuk melawan varian baru virus Covid-19. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, Sputnik V diklaim efektif digunakan sebagai vaksin untuk mencegah mutasi varian baru Covid-19.

“Sebuah studi yang dilakukan di Gamaleya Center di Rusia memperlihatkan bahwa vaksinasi dengan Sputnik V berjalan baik melawan mutasi baru virus Corona, termasuk varian mutasi baru Inggris dan Afrika Selatan,” kata Deputi Direktur Gamaleya Center, Denis Logunov, seperti dilansir dari Reuters.

Hasil dari uji coba tersebut akan segera dipublikasikan. Namun, temuan ini merupakan indikasi awal tentang bagaimana uji coba itu berjalan. Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin meminta ilmuwan untuk mengkaji lagi efektivitas vaksin Sputnik dalam mengatasi varian baru Covid-19 yang sudah menyebar di sejumlah negara di dunia.

Sputnik V yang diproduksi  AstraZeneca menggunakan virus yang sudah dimodifikasi dan tidak berbahaya sebagai perantara untuk membawa informasi genetik yang bisa membantu tubuh membangun kekebalan melawan infeksi baru.

Awal bulan ini, vaksin Sputnik V telah melalui fase 3 dengan efikasi mencapai 92 persen. Vaksin ini resmi dinyatakan aman dan diyakini memberikan perlindungan yang lebih komplet sehingga seseorang yang mendapatkan vaksin ini tidak harus dirawat di rumah sakit apabila terpapar Covid-19.

Peluncuran vaksin Sputnik  V sempat menuai kontroversi karena data final dari uji coba terakhir tidak pernah dipublikasikan. Namun, kini para ilmuwan sudah percaya bahwa Sputnik V  bisa digunakan sebagai vaksin Covid-19 seperti Pfizer, Oxford/AztraZeneca, Moderna dan Janssen.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...