Pertamina: Tidak Ada Kewajiban Jual BBM Premium di Jawa

Anggita Rezki Amelia
13 Maret 2018, 15:10
BBM Subsidi
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pertamina (Persero) menganggap tidak memiliki kewajiban menjual Bahan Bakar Minyak/BBM jenis Premium di Pulau Jawa. Alasannya Pulau Jawa bukan termasuk wilayah penugasan bahan bakar beroktan 88 itu.

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Muchamad Iskandar mengatakan selama ini perusahaannya hanya mendapatkan penugasan dari pemerintah menjual Premium di luar Jawa, Madura dan Bali/Jamali. Ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan harga jual eceran BBM.

Pasal 20 aturan itu menyebutkan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi/BPH Migas menugaskan badan usaha untuk melaksanakan penyediaan dan pendistribusian Jenis BBM Khusus Penugasan pada wilayah tertentu. Wilayah penugasan yang dimaksud meliputi seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia kecuali di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali.

Hal itu lah yang menjadi acuan Pertamina. "Memang di Jawa kan tidak ada kewajiban Pertamina jual Premium," kata Iskandar di Jakarta, Senin (12/3).

Tahun ini Pertamina mendapat jatah untuk mendistribusikan premium ke wilayah penugasan sebanyak 7,5 juta Kilo Liter (KL). Kuota ini memang lebih kecil dibandingkan kuota tahun lalu yang mencapai 12,5 juta KL.

Meski tidak wajib menjual di Jamali, namun Pertamina masih berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat Jamali untuk mendapatkan premium. "Artinya distribusi premium di Pulau Jawa, Madura, dan Bali bukan penugasan, untuk pendistribusiannya tidak ada yang mewajibkan," kata External Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita kepada Katadata.co.id, Senin (12/3).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...