Lewat Beternak, Kementan Bantu Entaskan Kemiskinan Jember

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
27 September 2018, 10:51
Program Bekerja Jember
Katadata

Jember – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) kembali  mendistribusikan bantuan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja)  untuk Rumah Tangga Miskin (RTM). Bantuan yang diserahkan pada Rabu (26/09), menyasar 12.698 RTM di 30 desa dari tiga kecamatan di Jember. Paket bantuan berupa 50 ekor ayam jenis Joper (Jowo Super) umur empat minggu, pakan untuk empat bulan masa pemeliharaan, paket vitamin, serta obat-obatan ternak.

 

Direktur Kesehatan Hewan Fadjar Sumping Tjatur Rasa, selaku Penanggungjawab Program Bekerja Provinsi Jawa Timur berharap bantuan dapat berkontribusi positif terhadap sejumlah program pemerintah lainnya. Tujuan Program Bekerja untuk meningkatkan penyediaan protein hewani dan pendapatan rumah tangga. “Program ini diproyeksikan akan memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat sebesar 500 ribu per bulan per RTM," kata Fadjar. 

Fadjar optimistis program pengentasan kemiskinan berbasis pertanian di Kabupaten Jember ini akan menjadi solusi permanen bagi RTM, untuk keluar dari garis kemiskinan. 

 

Sebelumnya, Menteri Pertanian pada 23 Mei 2018 lalu telah menyerahkan bantuan 10 ekor  kambing 2.000 ekor ayam di Desa Sukogidri dan Desa Suren Kec. Ledokombo Kab. Jember. Berdasarkan hasil monitoring Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan berserta tim pada 29 Agustus 2018, bantuan tersebut ternyata telah membuahkan hasil. Ayam-ayam dibagikan sebagian sudah bertelur, bahkan 1 ekor kambing beranak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...