Krakatau dan Nippon Steel Sepakat Bangun Pabrik Baja Otomotif

Pabrik baja ini akan memproduksi produk baja berkualitas tinggi dan baja antikarat untuk industri otomotif
Image title
Oleh
12 Agustus 2014, 08:09
Krakatau Steel
Agung Samosir|KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? PT Krakatau Steel Tbk dan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation sepakat menandatangani rencana bisnis final atas PT Krakatau Nippon Steel Sumikin. Perusahaan patungan ini sudah berdiri sejak Desember 2012 yang memproduksi baja untuk komponen otomotif senilai US$ 300 juta.

Pabrik dengan kapasitas produksi 480.000 metrik ton per tahun itu rencananya akan memproduksi prooduk baja berupa cold-rolled steel dan hot-dipgalvanized steel. Iip Arif Budiman, Corporate Secretary Krakatau Steel mengatakan, pabrik tersebut rencananya mulai beroperasi pada 2017.  ?Saat ini masih dalam kajian teknis konstruksi,? kata dia, seperti dikutip Kontan, Selasa (12/8).

Adapun modal awal pembentukan perusahaan mencapai US$ 142 juta, dengan 80 persen kepemilikan saham dipegang Nippon Steel dan sisanya dimiliki Krakatau Steel. Nantinya produksi Krakatau Nippon akan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif nasional.

Pabrik baja ini akan memproduksi produk baja berkualitas tinggi dan baja antikarat untuk industri otomotif. Adapun fasilitas pabrik akan sama dengan fasilitas dan teknologi yang ada di Jepang. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait