DPR Uji Kelayakan Calon Anggota BPK Awal September

Sebanyak 67 calon anggota BPK lolos tes administrasi tahap awal yang akan mengikuti fit and proper test
Image title
Oleh
13 Agustus 2014, 11:18
BPK KATADATA | Arief Kamaludin
BPK KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Komisi Keuangan dan Perbankan (Komisi XI) akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) pada awal September 2014. Sebelum tanggal 10 September nanti, anggota dewan akan mengumumkan lima anggota BPK yang terpilih.

Anggota Komisi XI Achsanul Qosasi, yang juga ikut mendaftar dalam pemilihan ini mengatakan Komisi XI akan menunggu hasil seleksi yang dilakukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) terlebih dahulu. Kepastian kapan tepatnya fit and proper test oleh Komisi XI akan diputuskan dalam rapat komisi pasca reses berakhir 15 Agustus ini.

"Yang pasti sebelum 10 September 2014 sudah diumumkan lima anggota BPK yang terpilih," ujar Achsanul saat dihubungi Katadata, Rabu 13 Agustus 2014.

Sebanyak 67 calon anggota BPK lolos tes administrasi tahap awal yang akan mengikuti fit and proper test awal di DPD. DPD menggelar fit and proper test pada 18-21 Agustus 2014. Nama yang lolos seleksi itu akan direkomendasikan ke Komisi XI untuk diproses. (Baca: DPD Minta Pendapat Masyarakat Tentang 67 Calon Anggota BPK)

Para calon itu memperebutkan lima kursi jabatan anggota BPK yang akan lowong karena habis masa jabatannya Oktober mendatang, dan posisi yang ditinggal mantan Ketua BPK Hadi Poernomo yang pensiun April lalu.

Empat nama anggota yang habis masa jabatannya yaitu Ketua BPK saat ini Rizal Djalil, dua anggota BPK yaitu Moermahhadi Soerja Djanegara dan  Ali Maskur Musa. Ketiganya tercatat mendaftar kembali dalam proses pemilihan calon anggota BPK ini. Sedangkan satu posisi yang lowong yaitu Hasan Bisri yang kini menjabat Wakil Ketua BPK, habis masa jabatannya dan tak bisa mendaftar kembali karena telah menjabat anggota BPK sebanyak dua periode.

Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait