Realisasi Pajak Bakal Tetap Meleset

Image title
Oleh
4 Juni 2014, 12:36
fuad rahmany
KATADATA | Donang Wahyu
KATADATA | Donang Wahyu

KATADATA ?  Ditjen Pajak memprediksi realisasi penerimaan pajak tahun ini akan meleset dari target. Meskipun target penerimaan pajak dipangkas menjadi Rp 979,09 triliun dalam Rancangan APBN-Perubahan 2014.

Dikutip dari Bisnis Indonesia (4/06), realisasi penerimaan pajak hingga Mei 2014 sebesar Rp 350,52 triliun atau 34 persen dari target penerimaan pajak Rp 1.034 triliun. Capaian tersebut lebih kurang sama dengan capaian presentase Januari-Mei 2013 sebesar 33,52 persen.

Dirjen Pajak Fuad Rahmany mengatakan Ditjen Pajak telah mengeluarkan segala cara guna mengejar target penerimaan pajak. Namun target pertumbuhan ekonomi yang meleset membuat Ditjen Pajak juga kesulitan mengejar target penerimaan.
"Ya sudah kami tetap kerja seperti biasa. Sama seperti tahun lalu, tahun ini juga akan shortfall lagi karena tidak ada perubahan. Ini sudah pasti shortfall," ujarnya.

Fuad mengaku Ditjen Pajak memprediksi shorfall pajak tahun ini mencapai Rp 90 triliun. Kendati demikian, pemerintah hanya memangkas target penerimaan pajak sebesar Rp 54,91 triliun. Alhasil, Ditjen Pajak harus bekerja keras mengejar sisanya sebesar Rp 35,1 triliun.

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait