Pasar Khawatir Jokowi Kalah dalam Pilpres

Image title
Oleh
20 Mei 2014, 10:10
jokowi-dan-jusuf-kalla
KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Investor di pasar saham menilai peta persaingan dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) semakin ketat. Ini dikhawatirkan hasil pemilihan presiden (pilpres) yang akan digelar pada 9 Juli nanti tidak sesuai dengan ekspektasi.  

Persepsi ini yang mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) melorot dalam perdagangan Selasa (20/5). Dalam penutupan perdagangan di Bursa Efek Indonesia, IHSG tercatat turun 2,37 persen atau 119,04 poin ke posisi 4.895,96 poin dibandingkan penutupan sebelumnya di level 5.015 poin.  

Raymond Budiman, analis Panin Sekuritas, mengatakan tadinya pasar sangat mengharapkan Joko Widodo (Jokowi) yang dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dapat menang mudah dalam pilpres. Namun setelah melihat deklarasi kedua pasangan capres dan cawapres kemarin, Jokowi tampaknya perlu bekerja lebih keras untuk memenangkan pemilihan.  

?Sekarang kelihatannya Gerindra yang lebih kuat. Ini tidak sesuai harapan,? kata Raymond saat dihubungi Katadata, Selasa (20/5).  

Seperti diberitakan, Partai Gerindra bersama partai koalisinya mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dalam pilpres. Masuknya Partai Golkar, sebagai partai pemenang kedua dalam pemilihan legislatif, dalam gerbong koalisi ini dinilai telah menambah kekuatan bagi pasangan Prabowo-Hatta. ?Intinya jadi sama-sama kuat. Apalagi setelah Golkar bergabung,? tuturnya. (Baca: Pasar Nilai Persaingan Capres Makin Ketat)  

Pasangan Prabowo-Hatta diusung oleh koalisi yang terdiri enam partai, yang dalam pemilu memperoleh 48,93 persen suara. Sementara pasangan Jokowi-Jusuf Kalla didukung oleh empat partai politik lainnya memiliki 39,97 persen suara dalam pemilu.  

Menurut Raymond, pasar cenderung menyukai Jokowi lantaran menilai sosok Gubernur DKI Jakarta itu sebagai orang yang jujur dan berintegritas. Dari sisi bisnis pun dia tidak memiliki utang. ?Figur Jokowi sesuai ekspektasi,? kata dia.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...