JK Usulkan Sofyan Djalil sebagai kandidat Menteri BUMN

Image title
Oleh
16 Oktober 2014, 11:17
Sofyan Djalil KATADATA|Arief Kamaludin
Sofyan Djalil KATADATA|Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Sofyan Djalil disebut-sebut merupakan salah satu kandidat kuat menteri BUMN. Ia bersama M. Lutfi dan Hamid Awaluddin dijagokan oleh Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla untuk duduk di kabinet mendatang.

Sofyan bukan merupakan wajah baru di jajaran kabinet. Pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Jilid I, ia didapuk menjadi Menteri Negara BUMN menggantikan Sugiharto dalam sebuah perombakan kabinet pada 2007. Sebelumnya, dia juga sempat menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Menurut sumber Katadata, dari tiga kandidat yang diusulkan JK, peluang Sofyan untuk masuk jajaran kabinet paling besar. "Sofyan bahkan dipandang bisa mengisi pos-pos lain di luar Kementerian BUMN," ujarnya. Adapun Hamid Awaluddin dicalonkan sebagai Menteri Hukum dan HAM, sedangkan Lutfi diplot untuk kembali menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti mendukung pencalonan Sofyan. Menurut dia, Sofyan tidak diragukan profesionalismenya selama menjabat Menteri BUMN. Dia dinilai memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni.

?Beliau secara individu integritasnya bagus,? ujar Destry kepada Katadata, Rabu (15/10). (Baca: JK Usul Tiga Calon Menteri)

Sejumlah kalangan juga menilai, Sofyan dipandang sebagai Menteri BUMN paling berhasil. Sebab, di masa kepemimpinannyalah, ia berhasil membujuk sejumlah eksekutif top dari perusahaan nasional dan multinasional untuk mau bergabung ke BUMN, sehingga proses transformasi sejumlah perusahaan pelat merah bisa berjalan. (Baca: Sofyan Djalil Dinilai Mampu Pilih Figur Tepat untuk Kelola BUMN)

Sofyan tidak lagi menjabat sebagai menteri pada periode kedua pemerintahan SBY. Dia dianggap sebagai orang dekat JK, yang juga kompetitor SBY saat pemilihan presiden  2009. Meski terdepak dari kursi menteri, tenaga Sofyan tetap dipakai oleh Wakil Presiden Boediono sebagai salah satu staf ahlinya.

Kedekatan Sofyan dengan JK terbangun sejak keterlibatannya dalam tim Lembang 9 yang merupakan tim sukses JK dalam konvensi calon presiden Partai Golkar 2004. Setelah SBY melamar JK menjadi pasangannya dalam pemilihan presiden, Sofyan ikut bergabung sebagai relawan keduanya dalam kampanye Pemilu Presiden. Sofyan juga menjadi salah satu anggota tim penyelesaian konflik Aceh pada perundingan di Helsinki yang berada di bawah koordinasi JK.

Halaman:
Reporter: Petrus Lelyemin
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...