Jelang Kenaikan Harga, Penjualan Premium Naik 12 Persen

Safrezi Fitra
5 November 2014, 14:35
BBM Subsidi KATADATA | Agung Samosir
BBM Subsidi KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menyebut penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium meningkat dalam  dua pekan terakhir. Peningkatan ini merupakan dampak dari ketidakpastian harga BBM.

"Dua minggu terakhir penjualan premium 12 persen naik. Yang biasanya 81.000 kiloliter per hari, sekarang rata-rata 90.000 kiloliter," kata Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Hanung Budya di Kantor Pertamina, Jakarta, Rabu (5/11).

Belum jelas apakah peningkatan ini disebabkan adanya oknum penimbun BBM, karena tahu bahwa harga akan naik. Indikasi lainnya, bisa saja ada kepanikan masyarakat karena stok BBM bersubsidi akan berkurang menjelang kenaikan harga.

Dalam hal ini Hanung meminta agar masyarakat tidak perlu panik menghadapi kenaikan harga BBM. Pertamina sudah menjamin adanya ketersediaan stok BBM bersubsidi jelang kenaikan harga tersebut.

"Kami laporkan kesiapan Pertamina. Persediaan BBM untuk stok nasional cukup menyangkut premium dan solar," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk mengawasi penjualan BBM bersubsidi. Menurutnya, pertamina tidak akan segan untuk memberikan sanksi kepada SPBU yang nakal.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...