Kemenkeu Loloskan 28 Calon Dirjen Pajak

Nur Farida Ahniar
28 November 2014, 19:01
kantor-direktorat-jenderal-pajak-ri.jpg

KATADATA ? Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan di Kementerian Keuangan meloloskan 28 calon calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak dalam seleksi administrasi. Dari 28, sebanyak 25 orang berasal dari internal, dan tiga calon berasal dari luar Kementerian Keuangan.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo selaku Ketua Pansel menjelaskan posisi Dirjen Pajak paling banyak diincar dibanding lima jabatan lain yang ditawarkan. Seluruh calon hari ini melakukan seleksi tahap kedua yaitu pembuatan makalah.

Anggota Pansel, Taufiqurrahman Ruki mengatakan seluruh calon Dirjen Pajak akan diuji kelayakan publiknya sehingga masyarakat dapat langsung memberikan masukan dan informasi terkait kandidat. Upaya ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terburuk lembaga pajak ke depan.

"Rakyat harus memberikan informasi sebanyak-banyaknya. Kalau bermasalah kita akan turun langsung untuk cross check," ujarnya.

Calon dirjen Pajak yang lolos diantaranya berasal dari pejabat eselon II Ditjen Pajak atau menduduki posisi direktur. Mereka adalah Sekretaris Ditjen Pajak Awan Nurmawan Nuh, Direktur Keberatan dan Banding Ditjen Pajak Catur Rini Widosari. Lainnya, Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak Dadang Suwarna, Direktur Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur Ditjen Pajak Estu Budiarto dan Direktur Teknologi Informasi Perpajakan Ditjen Pajak Iwan Djuaniardi.

Beberapa kepala kantor wilayah (Kanwil) lingkungan Ditjen Pajak juga ikut meramaikan lelang jabatan. Mereka adalah Kepala Kanwil Jakarta Timur Hario Damar, Kepala Kanwil Banten Muhammad Haniv. Lainnya, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II Angin Prayitno Aji, Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I Edi Slamet Irianto, Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I Ken Dwijugiasteadi dan  Kepala Kanwil Bengkulu dan Lampung Ditjen Pajak Peni Hirjanto. Selanjutnya, Kepala Kanwil Riau dan Kepulauan Riau Ditjen Pajak Pontas Pane, Kepala Kanwil Sumatera Utara I Ditjen Pajak Harta Indra Tarigan.

Sedangkan calon eksternal yang lolos ke tahap selanjutnya yakni Tenaga Ahli untuk Perjanjian Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Syafri Adnan Baharuddin, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur Abdullah Sani. Lainnya, Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah Bidang Pemerintahan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Ihwan Sudrajat.

Reporter: Petrus Lelyemin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...