Pemerintah Perlu Waspada Jika Impor April Turun

Aria W. Yudhistira
11 Mei 2015, 14:55
Pelabuhan Tanjung Priok KATADATA | Donang Wahyu
Pelabuhan Tanjung Priok KATADATA | Donang Wahyu
Neraca perdagangan April diprediksi meningkat, tapi pemerintah tetap perlu waspada kalau nilai impor turun.

KATADATA ? Neraca perdagangan April diprediksi masih akan mengalami surplus. Namun, pemerintah diminta waspada jika surplus tersebut diakibatkan dari nilai impor yang terus menurun.

Turunnya impor memang dapat berdampak positif terhadap defisit neraca transaksi berjalan dan neraca perdagangan. Tapi turunnya impor bisa jadi merupakan implikasi dari perlambatan ekonomi yang berdampak terhadap daya beli masyarakat.  

Menurut Lana Soelistianingsih, ekonom Samuel Sekuritas, pada April semestinya impor meningkat. Terutama impor bahan baku sebagai antisipasi kebutuhan bulan puasa dan lebaran.

(Baca: Meski Perdagangan Surplus, Indikasi Perlambatan Ekonomi Terlihat)

?Jadi kalau pada April impor turun lebih besar, berarti pelaku usaha tidak yakin konsumen mau spending,? kata Lana saat dihubungi Katadata, Senin (11/5). ?(Kalau ini terjadi) bukan hanya lampu merah, tapi (pemerintah) harus cari terobosan.?

Jika situasi ini berlanjut, lanjut dia, pemerintah tidak perlu ragu-ragu untuk merevisi asumsi-asumsi ekonominya. Pasalnya, sekarang kinerja perekonomian dalam negeri sangat bergantung pada kemampuan daya serap anggaran pemerintah.

(Baca: Ekonomi Indonesia Melambat, Hanya Tumbuh 4,71 Persen)

Setelah daya beli masyarakat yang turun, kemungkinan penerimaan pajak pun meleset dari target. ?Daya beli (masyarakat) memang terganggu, tapi kalau lebaran biasanya meningkat. Jadi setelah Juni, (belanja) pemerintah harus luar biasa,? kata dia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...