Hingga Agustus, Kementerian PU Targetkan Serap 30 Persen Anggaran

Safrezi Fitra
21 Agustus 2015, 16:46
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Penyerapan anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih rendah. Dalam delapan bulan, serapan anggaran kementerian tersebut baru mencapai Rp 31,2 triliun atau 26,3 persen dari total anggaran tahun ini.

"Itu per hari ini mencapai 26,34 persen. Update-nya sebesar itu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di kantornya, Jakarta, Jumat (21/8).

Jika dirinci, penyerapan anggaran untuk infrastruktur jalan tercatat yang paling besar, yakni Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga sebesar Rp 15,5 triliun. Kemudian Ditjen Sumber Daya Air yang telah menyerap anggaran Rp 9,09 triliun, dan Ditjen Cipta Karya Rp5,05 triliun.

(Baca: Terendah Sejak 2010, Ekonomi Kuartal II Tumbuh 4,67 Persen)

Menurut Basuki serapan anggaran sebesar 26,3 persen ini setara dengan pengerjaan fisik infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR sebesar 28,2 persen. Pemerintah mengandalkan kementerian ini dalam pembangunan infrastruktur. Makanya anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp 118 triliun merupakan yang paling besar di antara kementerian lainnya dalam APBN-P 2015.

Basuki menargetkan hingga akhir bulan ini anggaran kementeriannya bisa terpakai 30 persen dari total anggaran tahun ini. Hingga akhir tahun targetnya bisa terserap 93 persen. Dia optimistis bisa mengejar penyerapan anggaran hingga 63 persen dalam sisa empat bulan terakhir tahun ini.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...