Pertamina Ajukan Proposal Alih Kelola Blok Sanga-Sanga

Anggita Rezki Amelia
11 Juli 2016, 18:34
Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) akhirnya secara resmi mengajukan proposal kepada pemerintah untuk mengelola Blok Sanga-Sanga pasca kontrak operator VICO Indonesia berakhir Agustus 2018 mendatang. Langkah tersebut dilakukan setelah Pertamina merampungkan proses evaluasi dari hasil analisa ruang data atau data room blok minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur itu.

Namun, Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati masih merahasiakan nilai investasi untuk mengelola Blok Sanga-Sanga. "Sudah mengajukan, namun untuk nilai investasinya sedang dievaluasi," kata dia kepada Katadata, Senin (11/7). (Baca: Saka Energi Tertarik Beli Hak Kelola BP di Blok Sanga-Sanga)

Sebelumnya, Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina Denie S. Tampubolon pernah mengatakan nilai investasi di Blok Sanga-Sanga tidak akan melebihi Blok Mahakam saat dikelola Pertamina pada 2018 mendatang. Sebagai informasi, untuk mengelola Blok Mahakam, Pertamina akan menggelontorkan dana US$ 2,5 miliar atau Rp 33,96 triliun per tahun.

Adapun untuk dapat mengelola Blok Sanga-Sanga, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto pernah mengatakan sudah menyiapkan beberapa rencana dan program kerja. Program tersebut di antaranya melakukan infill drilling atau pengeboran sumur sisipan sekitar 30 hingga 50 sumur per tahun. Infill drilling adalah pengeboran sumur di lapangan yang produksinya masih berada di bawah laju produksi yang efisien dari sisa cadangan yang ada. 

Program lainnya adalah melanjutkan pengerjaan ulang dengan sedikit rig (rigless workover), pengembangan penemuan berkembang (undeveloped discovery) di Blok Sanga-Sanga.  Pertamina juga akan melanjutkan program pengeboran, inventarisasi peralatan fasilitas produksi, dan pengembangan wilayah yang tumpang tindih.

Tidak hanya itu, Pertamina akan melakukan program waterflood. Ini adalah proses injeksi air ke dalam formasi untuk meningkatkan produksi minyak. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini juga melakukan pelepasan bagi fasilitas yang tidak terpakai di Blok Sanga-Sanga. (Baca: Pertamina Akan Bor 50 Sumur Sisipan di Blok Sanga-Sanga)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...