Pembebasan Lahan Tol Bakauheni - Palembang Rampung Akhir Tahun

Miftah Ardhian
8 September 2016, 11:34
Basuki Tol Sumatera
Arief Kamaludin (Katadata)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan permasalahan pembebasan lahan untuk proyek tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Palembang akan rampung pada akhir tahun ini. Tim lintas kementerian bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengerjakan proyek Trans Sumatera telah menyiapkan strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengakui, pembebasan lahan ini memang merupakan permasalahan yang menghambat pengerjaan proyek tol Trans Sumatera. Salah satu titik permassalahan lahan yaitu ruas Pematang Panggang - Kayu Agung yang ternyata jalurnya melalui perkebunan dan perumahan penduduk.

Untuk itu, Basuki mengatakan, pemerintah memutuskan untuk membelokkan sedikit ruas tersebut sepanjang sekitar 500 meter. "Terbanggi Besar ke Pematang Panggang - Kayu Agung sama karena itu melalui tanah perkebunan," katanya usai rapat koordinasi di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu malam (7/9). (Baca: 2017, Kementerian PUPR Targetkan Bangun 796 Kilometer Jalan Baru)

Selain itu, kepala daerah meminta adanya kelonggaran terhadap rencana jalur Trans Sumatera. "Bahkan ada yang sudah direncanakan (tapi) menabrak perumahan. Jadi agak dibelokka," ujar Basuki.

Di sisi lain, proyek tol Trans Sumatera juga terkendala satuan tugas (Satgas) yang kurang mencukupi. Ada salah satu ruas tol di Lampung sepanjang 70 kilometer, yang proses pengurusan lahannya hanya ditugaskan kepada satu kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN). Karena itulah, pemerintah bersepakat menambah satgas-satgas di sepanjang ruas tol Trans Sumatera.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...