Inpex Berpeluang Dapat Tambahan Perpanjangan Kontrak Blok Masela

Anggita Rezki Amelia
14 September 2016, 18:36
Rig Minyak
Katadata

Inpex Corporation berpeluang memperoleh tambahan perpanjangan masa kontrak di Blok Masela. Perpanjangan ini merupakan kompensasi atas waktu yang sudah dihabiskan perusahaan asal Jepang ini mengkaji pengembangan proyek Ladang Gas Abadi.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Inpex sudah meminta tambahan perpanjangan kontrak selama 10 tahun. Alasannya perubahan skema pengembangan yang awalnya di laut menjadi ke darat. Padahal Inpex sudah menghabiskan waktu studi pengembangan lewat skema laut selama 10 tahun.

(Baca: Luhut Batasi Inpex 8 Bulan Buat Rencana Pengembangan Masela)

“Insentif kami kasih. Inpex tanya, boleh tidak saya dapat 10 tahun karena perubahan ini. Saya bilang, kenapa tidak bisa?” kata Luhut usai rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/9).

Dengan tambahan 10 tahun, Inpex berpeluang mendapatkan perpanjangan kontrak selama 30 tahun di Blok Masela. Ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. Dalam aturan ini disebutkan jangka waktu perpanjangan kontrak paling lama 20 (dua puluh) tahun untuk setiap kali perpanjangan.

Selain itu, Luhut juga membuka peluang untuk mengubah besaran bagi hasil yang akan diperoleh Inpex Corporation di Blok Masela. Dia mengatakan pemerintah tidak perlu bersikeras untuk memperoleh bagi hasil sebanyak 85 persen. Apalagi untuk sumur migas yang berisiko tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...