Bank Dunia: Indonesia Turut Dorong Penurunan Kemiskinan Dunia

Maria Yuniar Ardhiati
3 Oktober 2016, 10:43
Perumahan di Tengah Kota
Arief Kamaludin | KATADATA

Bank Dunia mencatat kemiskinan ekstrem di dunia terus berkurang dalam 2,5 dekade terakhir. Meskipun kondisi perekonomian global cenderung lesu dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia termasuk negara-negara besar yang berperan memangkas jumlah kemiskinan.

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengatakan, perbaikan pengentasan kemiskinan di dunia lebih banyak didorong oleh kawasan Asia Timur dan Pasifik, terutama Cina, Indonesia dan India. Alhasil, saat ini, separuh dari penduduk ekstrem miskin dunia berasal dari kawasan Afrika Sub-Sahara. Sedangkan sepertiga kemiskinan ekstrem berada di Asia Selatan.

Meski begitu, dia menilai, masih terlalu banyak masyarakat yang bertahan dengan penghasilan sangat minim. Jika tidak ditangani secara baik maka target pengentasan kemiskinan ekstrem tahun 2030 berisiko tidak tercapai.

"Kecuali dengan kembalinya laju pertumbuhan yang lebih cepat agar mengurangi ketimpangan," kata Kim dalam siaran pers Bank Dunia mengenai edisi pertama Laporan Kemiskinan dan Kesejahteraan Bersama (Poverty and Shared Prosperity Report), Minggu (2/10).

(Baca: Inflasi Terkendali, Penduduk Miskin Perkotaan Turun-Desa Naik)

Dalam laporan tersebut, Bank Dunia mencatat sekitar 800 juta orang bertahan hanya kurang dari US$ 1,9 per hari atau sekitar Rp 20.900 (dengan kurs Rp 11 ribu) tahun 2013. Jumlahnya berkurang sekitar 100 juta dari tahun sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...