Jokowi Minta Pengusaha Tak Pesimistis Hadapi Kebijakan Trump

Ameidyo Daud Nasution
24 November 2016, 18:11
jokowi
Arief Kamaludin (Katadata)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pelaku uaha tidak pesimistis menyikapi terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Bahkan, beberapa kebijakan Trump dinilai akan menumbuhkan perekonomian AS sehingga turut mendatangkan keuntungan bagi Indonesia.

Beberapa kebijakan yang akan dilakukan Trump adalah reformasi perpajakan berupa pengampunan pajak serta menggalakkan kembali pembangunan infrastruktur. Menurut Jokowi, apabila program-program ini berjalan maka akan meningkatkan perekonomian AS. Ujung-ujungnya, ekspor Indonesia ke AS akan meningkat.

Ia menyatakan, adanya aktivitas ekonomi akan membuat permintaan barang dari luar AS, termasuk dari Indonesia, bakal meningkat. "Itu justru peluang kita untuk masuk, apalagi AS memiliki porsi 11 persen dari total ekspor kita," kata Jokowi di depan ratusan pemimpin perusahaan pada acara CEO Forum di Jakarta, Kamis (24/11).

(Baca: Sepekan Efek Trump, BI: Rp 16 Triliun Keluar dari Indonesia)

Karena itulah, Jokowi meminta komoditas ekspor tradisional bersiap-siap menyambut peluang tersebut. Ia memprediksi beberapa peluang ekspor yang terbuka lebih besar bagi AS antara lain furniture serta produk tekstil.

Alhasil, ketimbang berpandangan pesimistis, Jokowi mengharapkan pengusaha sebaiknya menggarap peluang tersebut dengan lebih serius. "Inilah yang harus segera kita manfaatkan," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...