Sudah Kontrak, Pembangunan Bendungan Sukamahi Masih Tunggu Lahan

Ameidyo Daud Nasution
20 Desember 2016, 14:41
Banjir Jakarta
Katadata
Pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Jawa Barat ditujukan untuk pencegahan banjir Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat hari ini melakukan penandatanganan kontrak pembangunan Bendungan Sukamahi. Pembangunan proyek senilai Rp 436,9 miliar itu ditujukan untuk mengurangi banjir Jakarta.

Penandatanganan kontrak tersebut dilakukan di Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta. Dua kontraktor dalam proyek ini adalah PT Wijaya Karya dan PT Basuki Putra KSO. Selain itu, Gedung Direktorat Jenderal Sumber Daya Air  juga melakukan penandatanganan dengan supervisor pembangunan bendungan, yakni PT Wiratman, PT Multimera Harapan, dan PT Tata Guna Patria.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Imam Santoso menyatakan bahwa Bendungan Sukamahi merupakan paket bendungan terakhir yang dibangun tahun ini. “Dengan demikian sudah ada 31 bendungan yang under construction," kata Imam, Selasa 20 Deseber 2016.

(Baca juga: Kementerian PUPR Mempercepat Pelaksanaan 9 Proyek Strategis Nasional)

Hanya saja, proyek ini masih terkendala pembebasan lahan. Imam berharap, pembebasan beberapa bidang tanah itu dapat dikerjakan secara simultan dengan konstruksi. Sebab, pembangunan bendungan ini ditargetkan selesai pada 2018. "Tidak ada groundbreaking tetapi langsung bekerja," katanya

Kuasa Kerjasama Operasi PT Wijaya Karya (Persero) - PT Basuki Rahmanta Putra KSO, Mursyid pun berharap pembebasan lahan bisa segera  dirampungkan. "Masalahnya di akuisisi lahan, kami harap bisa selesai," katanya usai acara.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...