Manggis Dilarang Masuk, Indonesia Adukan Cina ke WTO

Pingit Aria
27 Desember 2016, 13:51
Manggis
ANTARA FOTO/Rahmad
Pedagang melayani pembeli buah Manggis di pinggir jalan lintas nasional Banda Aceh Medan, Pidie Jaya, Aceh, Sabtu (17/12). Buah Manggis yang khas daerah setempat digemari para pengguna jalan untuk oleh oleh dari Pidie Jaya yang dijual pedagang Rp.15 ribu

Indonesia mengadukan Cina ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Sebabnya, pemerintah Cina dinilai menghalangi masuknya manggis asal Indonesia. "Kami masukkan ke specific trade concern," kata Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini, saat dihubungi, Selasa, 27 Desember 2016.

Perkara specific trade concerns (STCs) biasanya berkaitan dengan regulasi spesifik yang diterapkan negara pengimpor, yang bersifat menghambat perdagangan dari sisi nontarif. Banun mengatakan pengaduan tersebut telah dikirimnya pada Oktober lalu pada Komisi Sanitary and Phytosanitary (SPS Committee) WTO.

Dalam kasus manggis, Banun menjelaskan, pada 2010 manggis Indonesia ditolak masuk Cina karena terganjal kandungan logam berat yang melampaui batas. Namun, pemerintah Indonesia segera melakukan koreksi.

(Baca juga: Heboh Pekerja Cina, Luhut Contohkan Pengalaman Jepang)

Kemudian, Otoritas Karantina China (Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine of the Peoples Republic of China/AQSIQ) melakukan audit ulang dan hasilnya tidak ditemukan masalah. Setelah itu, Cina sepakat untuk menandatangani protokol impor dari Indonesia pada Februari 2016 lalu, namun rencana itu terus ditunda hingga kini.

Lagi pula, menurut Banun, manggis asal Indonesia secara de facto telah diterima di pasar Cina, hanya harus melalui pihak ketiga, seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand. “Artinya ada diskriminasi,” kata Banun.

Jika Cina tak kunjung menunjukkan iktikad baik hingga sidang Komisi SPS Maret 2017, menurut Banun, Indonesia akan mengusulkan pembentukan panel kepada Badan Penyelesaian Sengketa (Dispute Settlement Body/DSB) WTO.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...