2016, Pemerintah Terima 116 Aduan Terkait Paket Kebijakan

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2017, 17:02
PTSP BKPM
Arief Kamaludin|KATADATA
Pelayanan izin usaha di PTSP BKPM

Sepanjang tahun lalu, pemerintah mendapat 116 pengaduan terkait masalah implementasi paket kebijakan ekonomi hingga realisasi kegiatan investasi. Aduan ini disampaikan lewat Satuan Tugas Paket Kebijakan Ekonomi.

"Penting bagi kita menjaga iklim investasi dengan melanjutkan pengaduan ini," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara usai rapat koordinasi paket kebijakan ekonomi di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/1).

(Baca: Pemerintah Revisi dan Cabut Aturan Penghambat Paket Ekonomi)

Dia mengatakan dari total 116 aduan ini pemerintah sudah menindaklanjuti 30 diantaranya. Beberapa kasus yang telah dimediasi oleh pemerintah, diantaranya terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tanjung Jati 2x600 megawatt (MW). Ada juga permasalahan proyek PLTU Cirebon yang terkendala lahan, akhirnya dapat dimediasi.

"Contoh lain adanya pengaduan terhadap Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) karena pencemaran lingkungan di Bandung, juga selesai," katanya.

Selain menindaklanjuti pengaduan, Rudiantara mengatakan pemerintah juga telah menyederhanakan 31 aturan dari total 202 regulasi turunan paket kebijakan. Ada juga satu aturan yang dihapus, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) soal izin gangguan. Izin gangguan ini digabungkan dengan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

(Baca: Darmin Sebut 10 Sukses Paket Kebijakan Ekonomi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...