Pertamina Kembali Raih Peringkat Layak Investasi dari Moody’s

Arnold Sirait
7 April 2017, 23:41
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) mendapat kabar gembira dari Moody’s Investor Service. Lembaga pemeringkat internasional tersebut menaikkan peringkat kredit luar negeri Pertamina ke level layak investasi (investment grade). Hal ini akan menambah kepercayaan investor, sekaligus meringankan langkah Pertamina untuk mencari pendanaan eksternal.

Moody's menaikkan peringkat Pertamina dari Ba1 menjadi Baa3, yang merupakan derajat terendah level layak investasi , Jumat (7/4). Sebelumnya, Pertamina juga pernah menyandang peringkat ini namun kemudian diturunkan dan terpental dari level investment grade pada tahun lalu.

Alasan Moody's  kembali menaikkan peringkat Pertamima sekarang karena menilai kinerja keuangan perusahaan ini pada 2016 sangat baik. Padahal, pada saat yang bersamaan industri migas belum sepenuhnya pulih akibat rendahanya harga minyak dunia.

(Baca: Peringkat Utang Pertamina Terancam Jatuh di Bawah Level Investasi)

Moody’s menggarisbawahi perolehan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) Pertamina pada tahun lalu melonjak hingga 47 persen. Pencapaian ini berkat kenaikan produksi migas sebesar 7 persen, penguatan bisnis  hilir,  serta efisiensi biaya yang dilakukan perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...