Dorong Budi Daya Ikan Lepas Pantai, Jokowi: Masa Bicara Cantrang Terus

Ameidyo Daud Nasution
4 Mei 2017, 14:08
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran kabinetnya mencari cara agar para nelayan tidak lagi bekerja dengan cara lama dalam menangkap ikan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah budi daya perikanan lepas pantai (offshore aqua culture). 

Jokowi juga meminta anak buahnya untuk berani mengajak nelayan beralih ke sistem penangkapan ikan dengan teknologi tinggi seperti budidaya lepas pantai. Bahkan dia juga menyindir Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang tetap ngotot mengeluarkan kebijakan larangan cantrang. 

"Setiap tahun bicara cantrang, tidak habis-habis. Kenapa tidak membicarakan offshore aqua culture," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kemaritiman Tahun 2017. di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (4/4). 

(Baca juga: Ramai Diprotes, Susi Ngotot Pertahankan Larangan Cantrang)

Dia menjelaskan banyak negara maju seperti Norwegia dan Taiwan sudah mengembangkan sistem penangkapan seperti ini. Biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan budidaya perikanan laut lepas ini hanya mencapai Rp 47 miliar. Sementara hasil yang didapat bisa jauh lebih besar.

Presiden mengungkapkan bahwa potensi industri perikanan sangat besar, bisa mencapai US$ 1,33 triliun atau sekitar Rp 19.000 triliun. Potensi ini akan sulit tergarap jika pengelolaannya masih seperti sekarang. Industri perikanan di Indonesia, kata Jokowi, terlalu monoton, padahal perubahan dunia begitu cepat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...