Keyakinan Konsumen Naik, BI Yakin Ekonomi Semester II Capai 5,2%

Desy Setyowati
9 Agustus 2017, 19:10
Belanja konsumen
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) meyakini ekonomi bisa tumbuh di atas 5,2% pada paruh kedua tahun ini atau lebih tinggi dibanding paruh pertama yang sebesar 5,01%. Imbas Ramadan dan Lebaran diklaim masih terasa di semester II.

Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo mengatakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga belum terlalu kuat pada kuartal II sekalipun ada Ramadan dan Lebaran. Maka itu, diduga konsumsi akan membaik di kuartal III.

“Dalam banyak hal ada sejumlah kegiatan di kuartal II yang berkontribusi dan itu bergeser ke kuartal III,” ujar dia di sela-sela Seminar Nasional Big Data di Gedung BI, Jakarta, Rabu (9/8). (Baca juga: Sri Mulyani Andalkan Rastra dan Dana Desa untuk Dongkrak Daya Beli)

Berdasarkan survei konsumen BI, memang ada indikasi optimisme konsumen meningkat yang tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2017 yang naik satu poin dari bulan sebelumnya menjadi sebesar 123,4.

Meningkatnya optimisme konsumen terutama didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi kegiatan usaha dan penghasilan, serta ketersediaan lapangan kerja untuk enam bulan ke depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...