Jonan Bagikan Ribuan Konverter Kit ke Nelayan Sulawesi Selatan

Anggita Rezki Amelia
29 September 2017, 12:04
Jonan
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membagikan konverter kit untuk Bahan Bakar Gas (BBG) ke nelayan. Kali ini ada 2.374 konventer kit yang dibagikan ke nelayan yang ada di Sulawesi Selatan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan pembagian konventer kit sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo. “Ini merupakan amanah dari Presiden Joko Widodo agar nelayan bisa melaut lebih murah,” kata dia saat membagikan converter di Makassar, Jumat (29/9).

Jika dirinci, ada 425 unit konventer yang dibagikan untuk nelayan Kabupaten Maros. Kemudian Kabupaten Jeneponto 371 unit, Kabupaten Soppeng 204 unit dan Kota Makassar1.375 unit.

Ada beberapa kriteria nelayan yang menerima konverter kit. Pertama, nelayan yang memiliki kapal di bawah atau sama dengan 5 Gross Tonage (GT). Kedua, nelayan yang memiliki kapal berbahan bakar bensin.

Ketiga, kapal berdaya mesin di bawah atau sama dengan 13 tenaga kuda (horse power/HP). Keempat, alat tangkap yang digunakan ramah lingkungan dan terakhir belum pernah menerima bantuan sejenis.

Pemberian konverter kit ini harapannya bisa meningkatkan pemanfaatan gas bumi. Dengan menggunakan bahan bakar gas, menurut Jonan, nelayan bisa lebih hemat. Adapun untuk BBG hanya menghabiskan biaya RP 1 juta sampai Rp 1,4 juta sebulan. Sedangkan jika menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bisa menghabiskan Rp 2 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...