Pembangunan 38 Proyek Infrastruktur Layang Bisa Dilanjutkan

Ameidyo Daud Nasution
1 Maret 2018, 11:44
MRT Jakarta
Muhammad Adimaja|ANTARA FOTO

Komite Keselamatan Konstruksi (KKK) mengungkapkan hingga akhir Februari 2018 telah mengeluarkan rekomendasi terhadap 38 proyek infrastruktur layang bisa dilanjutkan kembali proses konstruksinya. Masih ada lima proyek lagi yang masih dihentikan sementara (moratorium) pembangunannya.

Berdasarkan data KKK, totalnya ada 43 proyek infrastruktur layang yang sedang dibangun oleh 38 kontraktor. Dari total tersebut baru ada 40 proyek dari 33 kontraktor yang telah memasukan berkas kepada KKK untuk dievaluasi. Sementara satu kontraktor yang belum menyerahkan berkas, tapi sudah melakukan presentasi. 

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Syarif Burhanuddin mengatakan proyek ini terdiri dari 4 proyek kereta dan 34 proyek jalan tol. Beberapa tol yang telah dilanjutkan antara lain ruas tol Trans Sumatera, Trans Jawa, tiga proyek kereta ringan (Light Rail Transit), serta proyek rel dwi ganda (DDT) Manggarai-Cikarang.

(Baca: Jokowi Perintahkan Hentikan Semua Proyek Jalan Layang)

"Jadi itu sudah mendapat rekomendasi lanjut," kata Syarif yang juga menjabat Ketua KKK, dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (28/2). Dia mengatakan KKK telah melakukan evaluasi terhadap proyek infrastruktur layang sejak 20 Februari lalu.

Dari total 38 proyek yang bisa dilanjutkan pembangunannya ini, KKK masih memberikan sejumlah catatan untuk 9 proyek. Diantaranya persyaratan teknis untuk 4 paket proyek layang di tol Bakauheni-Terbanggi. Untuk tol Bogor Ring Road dan Jakarta-Cikampek (elevated) perlu ada pengecekan langsung ke lapangan, tol Depok-Antasari harus melengkapi dokumen lifting, dan mengganti launcher gantry pada jalur kereta dwi ganda (DDT) Manggarai-Jatinegara. Sedangkan dua pekerjaan di tol Kunciran - Cengkareng masih perlu peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). 

(Baca: Marak Kecelakaan, Kadin Minta Penugasan ke BUMN Karya Dihentikan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...