Bulog Sebut Telah Amankan Pasokan Tiap Gudang di Daerah

Michael Reily
8 Oktober 2018, 20:47
Beras bulog
ANTARA FOTO/Rahmad
Tumpukan beras di Gudang Bulog di Lhokseumawe, Aceh, 31 Januari 2018.

Perum Bulog menyatakan telah mengamankan pasokan beras dan stok logistik  di gudang  di seluruh gudang perusahaan di Indonesia hingga tiga bulan ke depan. Stok itu juga dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan darurat seperti bencana alam. 

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh menyatakan bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala  tak mempengaruhi stok gudang. “Semua pasokan di sana sudah aman dan tersedia,” kata Tri kepada Katadata.co.id, Ahad (7/10).

Ketersediaan pasokan itu menurutnya sudah diperhitungkan antara jumlah yang masih dalam  perjalanan atau distribusi, yang masih dalam tahap pemuatan atau proses pasokan ke gudang, serta realisasi stok dalam gudang dengan asumsi cadangan beras masing-masing setara dengan satu bulan kebutuhan. 

(Baca : BPK Temukan Tak Efektifnya Logistik Bulog Senilai Rp 5 Miliar)

Namun, dia mengakui banyak juga kendala dalam proses distribusi yang sulit diprediksi seperti gangguan anomali cuaca, perhitungan produksi dalam pergerakan stok atau movement. “Semua hal itu bisa terjadi di luar perencanaan,” ujar Tri.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...